Apa manfaat dan pentingnya organisasi bagi mahasiswa ?

By on 7 Agustus 2015

Organisasi pada dasarnya merupakan sekumpulan orang yang membentuk suatu visi dan misi dengan mempunyai tujuan tertentu. Bagi mahasiswa, pengenalan organisasi ini sangat banyak menguntungkan, keuntungan yang dapat diambil terutama dari segi pengalaman dan ilmu yang didapatkan. Mahasiswa adalah masa jayanya menjadi seorang pemuda yang kritis, enerjik, dan mempunyai semangat juang yang tinggi. Semua itu tidak dapat dibangun tanpa ada wadah yang dapat menjembatani mereka. Oleh karena itu organisasi merupakan salah satu dari sekian banyak cara  untuk menyalurkan dan memunculkan kepemudaannya.

Dengan mengikuti organisasi, didalamnya akan banyak belajar bagaimana menyelesaikan sebuah permasalahan secara bersama-sama. Artinya ketika didalam sebuah pencapaian visi dan misi tersebut terdapat kendala atau hambatan masalah, maka setiap anggota organisasi di tuntut untuk bersama-sama berfikir keras bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga ketika dalam menyelesaikan masalah; ada sebuah usulah; ada sebuah saran; ada kerja kelompok; ada pula adab bagaimana menghargai pendapat orang lain dan sebagainya. Dikarenakan dalam beroraganisasi di tuntut untuk menyalurkan pendapatnya, maka di sana akan belajar bagaimana berbicara di halayak orang banyak, dan dapat melatih mental pada dirinya. Oleh karena itu dalam beorganisasi banyak segi positif yang dalam diambil faedahnya, baik dari segi ilmunya maupun dari segi pengalamanya.

Di era modern ini, tidak heran jika sekarang banyak lowongan pekerjaan yang mendahulukan pengalaman beorganisasi ketimbang orang mempunyai kecerdasan ilmu intelektual yang tinggi. Itu tidak lain karena sebuah perusahaan pastinya menginginkan pekerjanya yang pandai pekerja keras dan mempunyai ide yang baik untuk mencapai tujuan yang dicapai, tidak hanya pandai dalam ilmunya tapi dalam praktiknya nol.

Itulah beberapa cuil manfaat berorganisasi, banyak sekali orang-orang yang sukses karena pengalaman pribadinya tentang organisasinya dulu juga baik. Dengan berorganisasi akan membentuk kepribadian sosial yang baik dan mempunyai karakter yang unggul dalam bertindak. Oleh karena itu organisasi ini sangat penting bagi para pemuda, khususnya para mahasiswa agar kelak kedepannya negara ini mempunyai sistem yang baik untuk membangun indonesia yang lebih baik.

Facebook Comments

Thoha Firdaus (admin)

About Thoha Firdaus (admin)

Terimakasih atas kunjungan Anda.. Kami hanyalah manusia biasa, tidak pernah luput dari kesalahan. Artikel ini sengaja kami muat untuk berbagi ilmu kepada semua pengunjung. Sebagian artikel yang kami muat, kami ambil dari berbagai sumber terpecaya yang telah kami cantumkan. Jika ada beberapa kesalahan dalam pembuatan artikel ini kami mohon maaf. Berilah komentar yang baik agar kami dapat memperbaikinya. Jika menurut Anda artikel-artikel yang kami muat ini bermanfaat bagi Anda, mohon sekiranya untuk membagikannya dengan catatan tidak meninggalkan sumber aslinya. Hormat kami: sanguilmu.com

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami di Facebook

DART Creations
%d blogger menyukai ini: