Cara Membuat Daftar Isi Otomatis pada Ms Word

Kali ini saya akan memberikan tutorial kepada anda bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis menggunakan salah satu program yang tidak terlalu asing bagi kita di Office, yaitu Microsoft Office Word. Tutorial ini saya buat dengan tujuan agar mempermudah bagi anda yang suka membuat karya ilmiah, yang sedang membuat tugas akhir, maupun yang sedang sibuk membuat makalah.

Sering sekali saya di tanya oleh teman-teman mengenai tugas akhirnya, kebanyakan yang mereka engeluhkan karna banyaknya coretan-coretan dari dosen pembimbing mereka di draff yang mereka telah buat. Dengan alasan harus di tambah referensi, atau referensi tidak relevan dan sebagainya. Ini tidak hanya membuatnya pusing terhadap tugasnya akan tetapi juga membuatnya setres karna harus mengatur ulang daftar isi yang telah mereka buat dengan halaman judul yang telah berubah.

Kali ini saya akan mencoba membantu anda seperti halnya saya membantu teman-teman saya, supaya dapat mengurangi masalah yang anda hadapi. Dengan adanya tutorial ini semoga kerja anda akan lebih teringankan, karena dengan tutorial cara membuat daftar isi otomatis ini Anda tidak perlu repot kerja dua kali saat membuat daftar isi, sebagaimanapun tempat lokasi judul BAB maupun SUBAB yang berpindah, maka nomor daftar isi itupun juga akan ikut berganti secara otomatis. Menarik bukan? Mari ikuti tutorial ini.

Sebelum saya memulai, saya beritahukan jika tutorial yang saya akan ajarkan ini menggunakan Microsoft Ofice Word 2007.

Baik saya langsung awali tutorial ini dengan misal saya mempunyai sebuah data proposal penelitian seperti pada gambar di bawah ini:

1

Saya mempunyai 3 bab dengan 29 halaman. Halaman pertama adalah isi cover dan halaman ke dua adalah daftar isi, dua halaman itu saya beri halaman berturut-turut i dan ii. Kemudian mulai dari BAB I saya isikan halaman 1 dst sampai halaman terahir yaitu 27.

Baiklah mari kita mulai mengisi daftar isi di halaman ke dua. Letakkan kursor tepat di atas halaman ke dua, lalu masuk di menu References >>Table of Contents disana akan menemukan beberapa pilihan, maka pilihlah Automatic Table 1.

2

Jika muncul sebuah peringatan maka klik saja “OK”. Kita telah selesai membuat sebuah teble di daftar isi, tapi belum ada isinya. Selanjutnya editlah tulisan Content dan di ganti dengan Daftar Isi.

2,5

Lalu selanjutnya inilah yang terpenting. Pada dasarnya kita akan membuat format Halaman Judul, BAB, serta SUBBAB, menjadi sebuh Hading. Hading 1 biasanya berisi Judul Halaman, Daftar Isi, Daftar Pustaka dan beberapa BAB. Sedangkan untuk Hading 2 bisanya berisi tentang isi SUBAB. Jika di dalam SUBAB masih ada konten biasanya akan dimasukkan ke dalam Hading 3.

Lalu bagaimana cara merubah format Hadingnya?

Kita tinggalkan sementara dulu halaman Daftar Isi. Sekarang kita masuk ke halaman pertama, pada halaman pertama rencana pada daftar isi nanti akan dibuat tulisan Halaman Judul. Maka ketikkan di sembarang tempat dihalaman pertama dengan tulisan Halaman Judul, walaupun nantinya tulisan ini tidak akan kita tampilkan di cover. Lalu pada tulisan Halaman Judul di blok, setelah itu pada menu Home ubah format itu menjadi Hading 1 dengan memilih pilihan yang berada di Styles.

3

Jika sudah, karna tulisan ini sebenarnya nanti tidak akan ditampilkan di halaman cover, maka kita bisa merubah warna putih pada tulisan Halaman Judul.

Lalu masuk pada halaman ke dua, yaitu halaman Daftar Isi. Di halaman daftar isi ini lakukan penformatan sama seperti yang kita melakukan pada halaman judul. Hanya saja ketika sudah diganti format menjadi Hading 1, maka jangan rubah warna menjadi putih karna nantinya tulisan ini akan tetap muncul di halaman daftar isi, tetapi gantilah jenis tulisan maupun warna sesuai dengan format aslinya.

Kemudian masuk pada halaman ke tiga yaitu BAB I. Pada BAB I lakukan sama juga seperti pada cara di atas, yang berbeda adalah ketika akan merubah format untuk halaman SUBAB.  Halaman SUBAB I untuk karya ilmiah biasanya berisi tentang; Latar Belakang. Identifikasi Masalah, Rumusan Masalah, dan sebagainya. Nah untuk halaman SUBAB ini maka rubahlah ini dalam bentuk Hading 2. Setelah di ubah dalam bentuk Hading 2 jangan lupa atur kembali posisi dalam keadaan sesuai dengan aturan format penulisan karya itu, karna setelah di klik format hading itu biasanya posisi tulisan, warna dan jenis tulisan akan berganti.

Lakukan hal itu sampai pada BAB terahir atau sampai halaman Daftar Pustaka.

Setelah selesai sekarang kembali di halaman daftar isi, di dabawah tulisan Daftar Isi klik content yang bertuliskan Update Table.., maka secara otomatis judul, BAB dan SUBAB yang telah kita format Hading tadi sudah tersusun rapi ke bawah.

3,5

Jika ketika mengeklik Update tapi kemudian muncul seperti ini:

4

Maka beri ceklis pada pilihan “Update entrie table” dan klik OK.

Selamat anda telah berhasil membuat Daftar Isi Otomatis. Jika suatu saat nanti di dalam sela-sela BAB anda akan entrie data kembali dan merubah halaman- halaman judul bab, maka jangan lupa masuk ke daftar isi kemudian klik “Update Table”, maka nanti halaman judul yang berpindah tadi akan ter update secara otomatis.

 Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Facebook Comments

Written by Thoha Firdaus (admin)

Terimakasih atas kunjungan Anda.. Kami hanyalah manusia biasa, tidak pernah luput dari kesalahan. Artikel ini sengaja kami muat untuk berbagi ilmu kepada semua pengunjung. Sebagian artikel yang kami muat, kami ambil dari berbagai sumber terpecaya yang telah kami cantumkan. Jika ada beberapa kesalahan dalam pembuatan artikel ini kami mohon maaf. Berilah komentar yang baik agar kami dapat memperbaikinya. Jika menurut Anda artikel-artikel yang kami muat ini bermanfaat bagi Anda, mohon sekiranya untuk membagikannya dengan catatan tidak meninggalkan sumber aslinya. Hormat kami: sanguilmu.com

Tinggalkan Balasan