Download Materi Khotbah Jumat

Shalat Jumat merupakan salah satu kewajiban bagi seorang laki laki muslim. Bahkan wajib meninggalkan apapun  kegiatan lain guna untuk menjalankan kewajiaban shalat jumat.

Allah berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌۭ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”. (QS. Jumu’ah: 9)

 

Adapun hal-hal amalan yang perlu di ketahui pada hari jumat diantaranya adalah:

  1. Kewajiban mandi jumat atas setiap lelaki dewasa, berikut keterangan dalam hadist menyebutkan:
  • Abdullah bin Umar r.a. berkata (dan dari jalan lain darinya, berkata, “Saya mendengar Rasulullah (berkhutbah di atas mimbar) bersabda, “Jika seseorang dari kamu mendatangi shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi. (HR. Bukhari)
  • Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang balig. (Shahih Muslim)
  • Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang balig. (Shahih Muslim)
  1. Memakai wangi-wangian dan bersiwak pada hari Jumat
  • Amr bin Sulaim al-Anshari berkata, “Aku bersaksi kepada Abu Sa’id, ia berkata, ‘Saya bersaksi atas Rasulullah, beliau bersabda, ‘Mandi pada hari jumat itu wajib atas setiap orang yang sudah balig (dewasa),] menggosok gigi, dan memakai minyak wangi jika ada.'” Amr berkata, “Adapun mandi, maka saya bersaksi bahwa ia adalah wajib. Sedangkan, menggosok gigi dan mengenakan wewangian, maka Allah lebih tahu apakah ia wajib atau tidak. (Bukhari)
  1. Tenang ketika mendengarkan khutbah Jumat
  • Hadis riwayat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: Bila engkau berkata kepada temanmu: “Diam!” pada hari jumat, saat imam berkhutbah, maka engkau benar-benar berbicara sia-sia. (Shahih Muslim)
  1. Keutamaan Shalat Jumat
  • Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mandi Jumat seperti mandi junub kemudian berangkat (ke masjid), maka seolah-olah ia berkurban unta. Barangsiapa yang berangkat pada saat yang kedua, maka seolah-olah ia berkurban lembu. Barangsiapa yang berangkat pada saat ketiga, maka seolah-olah ia berkurban kibas yang bertanduk. Barangsiapa yang berangkat pada saat yang keempat, maka seolah-olah ia berkurban ayam. Dan, barangsiapa yang berangkat pada saat kelima, maka seolah-olah ia berkurban telur. Apabila imam keluar (naik mimbar), maka para malaikat mendengarkan khutbah.” (HR. Bukhari)

Materi khotib dalam khutbah jumat

Menjadi seorang khotib dalam khutbah jumah mempunyai  beban kewajiban yang berat. Selain itu dia juga harus fasih baik dalam berbicara maupun dalam membaca bacaan arab. Materi yang disampaikanpun seharusnya yang bisa di dengar baik oleh jamaahnya, tidak membuat jenuh apalagi sampai bosan. Berikut ini saya lampirkan beberapa tema materi khutbah, semoga dapat berguna:

Facebook Comments

Written by Thoha Firdaus (admin)

Terimakasih atas kunjungan Anda.. Kami hanyalah manusia biasa, tidak pernah luput dari kesalahan. Artikel ini sengaja kami muat untuk berbagi ilmu kepada semua pengunjung. Sebagian artikel yang kami muat, kami ambil dari berbagai sumber terpecaya yang telah kami cantumkan. Jika ada beberapa kesalahan dalam pembuatan artikel ini kami mohon maaf. Berilah komentar yang baik agar kami dapat memperbaikinya. Jika menurut Anda artikel-artikel yang kami muat ini bermanfaat bagi Anda, mohon sekiranya untuk membagikannya dengan catatan tidak meninggalkan sumber aslinya. Hormat kami: sanguilmu.com

Tinggalkan Balasan