Header Tabel Harus Ada Pada Tiap Halaman, Ini cara membuatnya pada Microsoft Word dan Solusi bagi yang gagal

In Program

Tabel merupakan hal penting yang tidak bisa terlepas dari sebuah dokumen. Seperti pembuatan makalah, skripsi/tesis/disertasi, karya ilmiah, tabel adalah hal yang terkadang wajib ada ketika ingin menampilan daftar list yang mengandung beberapa variable.

Kita juga seringkali mendapati yang mana sebuah data yang banyak terkandang memakan tempat yang luas dalam satu dokumen. Pada dasarnya, aturan pembuatan tabel adalah tidak melebihi dari satu halaman. Ini disebabkan karena variable penting yang berapa pada header/ kepala halaman tentu akan menghilangkan informasi penting jika tabel melebihi dari satu halaman.

Jika memang mengharusnya membuat tabel melebihi dari satu halaman maka dapat dilakukan dengan melakukan pengulangan header tabel. Dengan manual, Anda dapat melakukan ini dengan cara menambah header di setiap halaman yang berbeda. Ini akan sangat merepotkan apabila tabel berjumlah lebih dari beberapa halaman. Belum lagi jika nantinya Anda tiba-tiba akan menambah paragraf di sebelum tabel, tentu header tabel manual yang kita buat tadi akan bergeser ke bawah, dan tidak tepat mengenai header.

Beruntungnya Ms Word memberi fasilitas untuk membantu masalah ini. Menggunakan fitur/fasilitas “Repeat Header Rows” kita dapat dengan mudah membuat tabel yang Panjang tanpa menghilangkan header/kepada tabel meskipun dengan halaman yang berbeda.

Anda dapat menemukan fasilitas Repeat Header Rows ini dengan cara berikut:

1. Pastikan Anda telah membuat header tabel, disarankan memberi warna header yang berbeda, lalu lakukan sorot/block pada bagian header.

2. Lalu Anda pergi ke halaman Layout/Tata Letak, setelah itu klik Repeat Header Rows atau jika menggunakan Bahasa Indonesia adalah “Ulangi Baris Header”.

3. Seketika tabel lanjutan yang kita buat akan memunculkan header sama persis seperti header utama

Bagaimana jika gagal/tidak berubah??

Jika Anda mengalami kegagalan, atau tabel lanjutan tidak berhasil menampilkan header, barangkali Anda perlu mengubah format tabel. Anda dapat melakukan dengan klik kanan pada bagian tabel yang bertanda plus (+) kemudian klik Properti Tabel.

Lalu pastikan format tabel seperti gambar berikut ini:

 

Jika Anda masih kesusahan dalam membuat header tabel pada tiap halaman, Anda dapat menonton video berikut:

 

Terimakasih, jika masih ada kendala kita bisa sama-sama diskusi di kolom komentar.

Facebook Comments

You may also read!

Cara Menambahkan Style IOP di Mendeley

IOP merupakan salah satu publizer yang sangat familiar dikalangan peneliti. Bahkan beberapa agenda konfrensi menjadikan Journal of Physics: Conference

Read More...

Program Desain yang Powerful dan GRATIS: Inkscape

Apa itu Inkscape? Inkscape adalah perangkat lunak grafik vektor kualitas profesional yang berjalan pada Windows, Mac OS X dan GNU/Linux.

Read More...

Tips Mengetahui Operator Terbaik Apa di Daerah mu

Pemilihan operator kartu yang tepat merupakan hal yang penting bagi kita khususnya pengguna smartphone. Kita harus pandai-pandai memilih, sehingga

Read More...

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu

Halo..
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by