Ini Alasan Kenapa Kita Harus Hijrah ke Kalender Hijriyah

Al-Ustâdz Abu Ubaidah, Muhammad Yusuf bin Mukhtar bin Munthohir As-Sidawi

Akhi, sekarang tanggal berapa ya ?

Tanggal umum atau Hijriyah? Kalau umum aku tahu, tapi kalau hijriyah, aduh berapa ya, gak ngerti” Sambil garuk-garuk kepala….

Saudaraku, mungkin itulah sekilas fenomena umat Islam zaman sekarang. Banyak diantara mereka yang acuh dengan kalender Hijriyah dan merasa enjoy dengan kalender Masehi, padahal kalender Masehi tidak ada hubungannya dengan agama kita bahkan para sahabat dulu membencinya.

Kalender Hijriyah, kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M. Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Hijriyah sering di sebut dengan kalender Qomariah, karena perhitungannya berdasarkan perputaran bulan.

Sedangkan Kalender Masehi, Era kalender ini didasarkan pada tahun tradisional yang dihitung sejak kelahiran Yesus dari Nazaret. Masehi dihitung sejak hari tersebut, sedangkan sebelum itu disebut Sebelum Masehi atau SM. Kalender Masehi sering di sebut dengan kalender Syamsiah, kerena perhitungannya berdasarkan perputaran matahari.

Maka sudah saatnya bagi umat Islam untuk menuju kalender Hijriyah, karena:1. Kalender Hijriyah ditetapkan berdasarkan kesepakatan para sahabat yang merupakan generasi terbaik umat ini setelah musyawarah dengan Khalifah Umar bin Khathab. (Al Bidayah wa Nihayah 3/206 Ibnu Katsir)

2. Kalender Hijriyah berkaitan dengan banyak ibadah seperti Ramadhan, Idhul Fitri Idhul adha, hari Arafah, puasa Asyura, puasa bidh (13, 14, 15) setiap bulan, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Sudah pernah diusulkan kepada sahabat untuk menjadikan kalender Masehi sebagai standar tapi mereka menolaknya, mereka lebih memilih kalender Islam dengan standar hijrah Nabi dari Mekkah ke Madinah karena peristiwa tersebut adalah momentum bersejarah untuk kebangkitan Islam. (At Tarikh Hijri karya Dr. Zaid bin Abdul Karim Az Zaid)

Ayo, menyongsong tahun baru Islam ini dengan tekad yang bulat untuk hijrah menuju kalender Hijriyah.
Kalau gak sekarang, kapan lagi ?!…..

Share, yuk! Semoga saudara-saudara kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal-amal kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Sumber TG Channel : @DakwahFiqih

Facebook Comments

Written by Thoha Firdaus (admin)

Terimakasih atas kunjungan Anda.. Kami hanyalah manusia biasa, tidak pernah luput dari kesalahan. Artikel ini sengaja kami muat untuk berbagi ilmu kepada semua pengunjung. Sebagian artikel yang kami muat, kami ambil dari berbagai sumber terpecaya yang telah kami cantumkan. Jika ada beberapa kesalahan dalam pembuatan artikel ini kami mohon maaf. Berilah komentar yang baik agar kami dapat memperbaikinya. Jika menurut Anda artikel-artikel yang kami muat ini bermanfaat bagi Anda, mohon sekiranya untuk membagikannya dengan catatan tidak meninggalkan sumber aslinya. Hormat kami: sanguilmu.com

Tinggalkan Balasan