Memakai Kosmetik Pemutih dalam Pandangan Islam

By on 13 Juni 2015

Memakai kosmetik(krim prmutih) diperbolehkan jika memenuhi :

1. Dipakai khusus pada kelompok wanita atau untuk menyenangkan suaminya. Apabila dipakai di luar rumah, melewati pasar-pasar, atau jalan-jalan yang terdapat kerumunan kaum laki-laki, maka memakai kosmetika itu diharamkan.

Rasulullah bersabda,

أَيُّمَا امْرَأَةٍ أَصَابَتْ بَخُوْرًا فَلاَ تَشْهَدْ مَعَنَا الْعِشَاءَ اْلآخِرِيْنَ

“Wanita manapun yang memakai minyak wangi, maka janganlah shalat isya berjamaah bersama kami.” (Hr. Muslim: 444, Abu Daud: 4157, dan lain-lain)

Sabdanya pula,

أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ ثُمَّ مَرَّتْ عَلَى الْقَوْمِ لِيَجِدُوْا رِيْحَهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ

“Perempuan mana pun yang menggunakan parfum, kemudian dia melewati suatu kaum agar mereka mencium wanginya, maka dia adalah seorang pezina.” (Hr. Abu Daud: 4173, Tirmidzi: 2786, dan lain-lain; lihat: Takhrij Misykah: 65; hadits hasan)

2. Tidak menyerupai orang kafir
Rasulullah saw. bersabda yang artinya:
“Barang siapa yang meniru suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka”(Riwayat Ahmad dan Abu Daud)

3.Tidak menyebabkan terhalangnya air wudlu ke kulit.

4. Hendaknya penggunanya tidak mendorong sifat membual, kesombongan dan angkuh,
sebagaimana firman Allāh

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri” (Luqman : 18)

5.Tidak mengandung pemborosan dan menyia-yiakan harta
Allah berfirman di dalam surat Al-‘Isrā’:27 yang artinya “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”

6.Tidak membahayakan pemakainya, karena seorang muslim dilarang membahayakan dirinya. (Kosmetik tersebut tidak mengandung bahan yg berbahaya untuk kesehatan seperti merkuri atau hidroquinon)
Seperti fatwa syaikh Ibnu Baz :
>>Bila itu bisa mempercantik dan tidak membahayakan wajah dan tidak menimbulkan keburukan lainnya, maka tidak apa-apa
>>tapi bila menyebabkan sesuatu yang buruk, misal meninggalkan noda hitam atau menimbulkan bahaya lainnya (jerawat, alergi, dll) maka tidak boleh digunakan demi memghindari bahaya.
Sumber: Majalah Al-Furqon, edisi 10, tahun ke-4, 1426 H.

(Dengan beberapa pengubahan tata bahasa dan aksara oleh redaksi www.konsultasisyariah.com, fikih wanita menjawab 1001 problema wanita, majalah elfata edisi 10 vol. 13)

Jika ingin lebih hati-hati hindari saja agar tidak mengganggu kesehatan.
Wallahu a’lam..

Facebook Comments

Thoha Firdaus (admin)

About Thoha Firdaus (admin)

Terimakasih atas kunjungan Anda.. Kami hanyalah manusia biasa, tidak pernah luput dari kesalahan. Artikel ini sengaja kami muat untuk berbagi ilmu kepada semua pengunjung. Sebagian artikel yang kami muat, kami ambil dari berbagai sumber terpecaya yang telah kami cantumkan. Jika ada beberapa kesalahan dalam pembuatan artikel ini kami mohon maaf. Berilah komentar yang baik agar kami dapat memperbaikinya. Jika menurut Anda artikel-artikel yang kami muat ini bermanfaat bagi Anda, mohon sekiranya untuk membagikannya dengan catatan tidak meninggalkan sumber aslinya. Hormat kami: sanguilmu.com

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami di Facebook

DART Creations
%d blogger menyukai ini: