Tips Mengetahui Operator Terbaik Apa di Daerah mu

In Program

Pemilihan operator kartu yang tepat merupakan hal yang penting bagi kita khususnya pengguna smartphone. Kita harus pandai-pandai memilih, sehingga kita tidak tertinggal oleh update terbaru terkait informasi penting melalui smartphone hanya karena perkara sinyal.

Hampir di seluruh pelosok negeri saat ini mudah dan dapat menjangkau internet hanya melalui smartphone. Namun pemilihan kartu smartphone yang mana yang mempunyai jaringan terbaik tentu itu yang menjadi pilihan utama.

Ketika pulang kampung, atau kita pindah ke tempat yang baru tentunya kita tidak memiliki cukup informasi terkait hal itu. Lantas bagaimana solusinya agar kita mudah menemukan jaringan operator mana yang terbaik didaerah kita?

Aplikasi ini barangkali membantumu untuk melihat jaringan operator mana yang memiliki sinyal terbaik. Aplikasi ini bernama OpenSignal, Kamu dapat mendownloadnya di sini (download)

Setelah kamu berhasil menginstal dan membuka aplikasi ini berikut informasi dari beberapa halaman:

 

Uji Kecepatan

Uji kecepatan internet

Pertama Kamu membuka aplikasi ini, kamu akan disuguhi sebuah halaman uji kecepatan. Kamu dapat menguji kecepatan internet yang saat ini di gunakan, yaitu hanya dengan menekan tombol tes. Setelah itu biarkan aplikasi berjalan dan nanti akan memberikan informasi berapa kecepatan unduh dan unggah dari jaringan operator seluler mu.

 

Statistik

Statistik penggunaan sinyal

Pada halaman sebelahnya, Kamu akan memasuki informasi statistik. OpenSignal mengukur sinyal yang kamu dapat dari jaringan mobile. Dengan data ini aplikasi mampu mengkalkulasi statistik yang dipersonalisasi, seperti berapa lama kamu berada pada jaringan 4G. Pembacaan yang diperoleh pada modus pesawat terbang tidak dihitung pada statistik ini.

 

Jangkauan

Nah pada halaman jangkauan ini lah yang akan kita jelaskan sesuai dengan judul pada artikel ini. Pada halaman ini kita ditunjukkan seperti gambar peta di layar. Sebelum kita mengetahui informasi yang ada pada halaman ini pastikan kamu telah menekan zoom yang ada pada bawah kanan layar (tombol yang saya beri tanda panah).

Zoom perbandingan peforma

Ini memastikan bahwa kita telah memilih tempat yang tepat untuk mengecek jaringan sinyal di daerah. Jika kamu tidak melakukan hal itu maka akan ada tertulis “Network Stats ia unavailable at this zoom level. Please zoom in” pada informasi layar diatas.

Pada halaman peta kita dapat menemukan titik-titik warna seperti warna hijau dan warna merah. warna hijau mengidentifikasikan bahwa sinyal di daerah kita sangat baik sedangkan warna merah atau sedikit warna orange maka mengidentifikasikan bahwa daerah kita kekurangan sinyal.

Perbandingan performa internet

Ketika kamu menekan seperti tombol yang saya lingkari pada gambar di bawah, kamu dapat memfilter jaringan-jaringan mana yang akan menampilkan titik titik pada peta. Kamu juga dapat memfilter jaringan seperti 2G, 3G dan 4G.

Ketika kamu menekan bandingkan performa maka kamu akan mendapatkan informasi lebih detail tentang operator apa yang terbaik di daerahmu. Setiap operator akan menampilkan berapa kecepatan  unduh dan unggah. Tentu saja Kamu tahu semakin besar unduhan dan unggahan maka semakin cepat kerja dari jaringan mu.

Ketika kamu menggeser bilah layar ke kanan kamu akan melihat statistik Letensi dan Sinyal. Uji latensi adalah tes untuk mengukur seberapa cepat sebuah data kecil dapat dikirim dari teleponmu ke internet dan kembali lagi. Latensi yang rendah artinya bagus untuk kecepatan pengambilan data. Di halaman ini juga Kamu juga dapat melihat seberapa besar sinyal yang ditampilkan melalui grafik.

Kecepatan unduh dan unggah

 

Latensi dan Sinyal

Beranda

Halaman paling sebelah kanan adalah halaman beranda. Dalam halaman ini kamu melihat seperti gambar kompas yang bergerak yang mengarahkan ke suatu tempat. Kompas ini mengarahkan kemana data mu mengambil sinyal dari sebuah menara seluler. Ketika kamu menekan menara seluler, Kamu akan menemukan di peta beberapa menara di daerah dekat mu. Semakin dekat kamu dengan menara seluler semakin baik juga sinyal yang kamu dapatkan.

 

Itu tadi adalah tips bagaimana cara kita mendapatkan sinyal operator yang tepat di daerah kita. Mudah-mudahan artikel ini membantu kamu dan teman-teman mu. Silakan bagikan informasi ini sehingga temanmu dapat terbantu.

Facebook Comments

You may also read!

Cara Menambahkan Style IOP di Mendeley

IOP merupakan salah satu publizer yang sangat familiar dikalangan peneliti. Bahkan beberapa agenda konfrensi menjadikan Journal of Physics: Conference

Read More...

Header Tabel Harus Ada Pada Tiap Halaman, Ini cara membuatnya pada Microsoft Word dan Solusi bagi yang gagal

Tabel merupakan hal penting yang tidak bisa terlepas dari sebuah dokumen. Seperti pembuatan makalah, skripsi/tesis/disertasi, karya ilmiah, tabel adalah

Read More...

Inilah Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Mempublikasi Karya Ilmiah

Tulisan ini di tulis khusus buat dosen, mahasiswa, maupun peneliti yang sudah, sedang atau mau melakukan publikasi ilmiah. Mohon dibaca dengan

Read More...

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu

Halo..
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by