Cara Memasang Statcounter di OJS 3

Di artikel kali ini saya membagikan tutorial bagaimana cara memasang statcounter di OJS dengan mudah. Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang Cara Membuat Lisensi di Jurnal/OJS.

Statcounter merupakan penyedia layanan untuk mengetahui seberapa banyak orang yang mengunjungi website kita, termasuk dalam hal ini website OJS (Open Journal System).

Meskipun banyak penyedia layanan statistik visitor, namun editor jurnal lebih banyak menggunakan Statcounter dari pada yang lainnya, misalnya saja ada Histats.

Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus harus menggunakan layanan apa, hanya saja statcounter mungkin lebih mudah untuk melihat datanya. Informasi statcounter ini biasanya dibutuhkan untuk mengetahui rata-rata kunjungan perhari. Informasi ini dibutuhkan saat ingin mengisi evaluasi diri di arjuna untuk keperluan akreditasi jurnal.

Di artikel kali ini saya membagikan tutorial bagaimana menerapkan atau memasang statcounter di OJS milik kita. Saya coba bagikan tutorial untuk versi OJS 3. Untuk OJS 2 perbedaannya hanya pada saat memasang kodenya. Jika di OJS 3 dengan cara klik icon Source, kalau di OJS 2 tinggal klik tulisan HTML.

Mendaftar Statcounter

Sebelum kita mendapatkan statistik kunjungan OJS, kita dapatkan dulu kode di Statcounter. Namun sebaiknya anda mendaftarkan akun dulu di Statcounter.

Saya tidak akan menunjukkan panjang lebar bagaimana cara mendaftar di Statcounter. Kurang lebih seperti ini langkahnya:

  1. Kunjungi halaman Statcounter.
  2. Untuk mendaftar, silahkan klik Try it for FREE!
    Cara Memasang Statcounter di OJS 3
  3. Lengkapi data Anda seperti Nama Lengkap, Email, Username (biasanya huruf kecil semua tanpa spasi untuk keperluan login nanti), dan Password.
  4. Jangan lupa untuk mencentang pada bagian I accept the terms and conditions and zero-tolerance policy on spam.
  5. Selanjutnya klik Create Account.

Setelah mendaftar biasanya langsung di arahkan untuk membuat project baru, namun ini saya stop di sini. Kita lanjutkan ke Cara Mendapatkan Kode HTML di Statcounter.

Cara Mendapatkan Kode HTML di Statcounter

  1. Kunjungi halaman Statcounter.
  2. Silahkan login jika Anda belum masuk.
  3. Setelah masuuk, di pojok kanan atas silahkan klik Add New Project
    Cara Memasang Statcounter di OJS 3
  4. Untuk mendapatkan kode secara gratis, Anda pilih saja paket Basic Project yang FREE pada bagian Choose a plan for your new project. (perbedaannya Anda bisa membaca tulisan di bawahnya)
  5. Klik Add Basic Project
  6. Masukkan informasi data pada bagian Project Detail. Website URL artinya URL halaman website Anda, dan pada bagian Project Title bisa masukkan nama jurnal Anda.
    Cara Memasang Statcounter di OJS 3 |
  7. Pada bagian Email Reports, silahkan pilih mau mendapat laporan ke email setiap berapa kali. Saya sendiri biasanya karena tidak suka mendapatkan pemberitahuan email beginian, saya memilih None.
  8. Yang lainnya silahkan abaikan, dan langsung loncat ke bagian Counter / Button. Silahkan di kustom sendiri mau tampilan seperti apa. Jika bingung silahkan ikuti seperti gambar di bawah ini:
    Cara Memasang Statcounter di OJS 3
  9. Selanjutnya klik Add Project.
  10. Selanjutnya.. PENTING! Khusus untuk versi OJS 3.1 atau yang lebih baru, Anda klik 70 platforms. Untuk OJS 2 anda bisa langsung klik Continue to Default Installation, dan lanjut ke langkah ke 12.
    Cara Memasang Statcounter di OJS 3
  11. Cari OJS 3.1 (Open Journal System) Install Guide dan klik.
    Cara Memasang Statcounter di OJS 3
  12. Silahkan salin/copy kode tersebut dengan cara klik Copy to Clipboard.
    Cara Memasang Statcounter di OJS 3

PENTING, setelah di salin kodenya, jangan Anda tutup halaman statcounter ini. Silahkan buka tab baru untuk membuka halaman OJS Anda.

Memasang Kode Statcounter di OJS 3

Untuk memasang kode statcounter, Anda bisa memilih mau dimana statcounter ditampilkan. Saya sendiri biasanya saya taruh di bagian Page Footer. Dalam tutorial ini saya menggunakan OJS 3.3.0.8, versi lain jika tampilan agak berbeda silahkan di sesuaikan saja.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Login di OJS Anda sebagai journal manager.
  2. Masuk di Website » Appearance » Setup
    Cara Memasang Statcounter di OJS 3
  3. Bagian Page Footer, silahkan Anda klik icon Source lalu pada bagian paling bawah paste kode yang sudah Anda copy dan klik OK. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar GIF berikut:
    Cara Memasang Statcounter di OJS 3
  4. Selanjutnya jangan lupa untuk menyimpan perubahannya dengan klik Save pada OJS.
  5. Terakhir, ini tidak boleh ketinggalan. Silahkan beralih lagi ke halaman statcounter tadi lalu klik Verify Installation. Jika Anda tidak melakukan ini nantinya tidak akan muncul statistik di OJS.
    Cara Memasang Statcounter di OJS 3 |

Selesai, data statistik biasanya tidak langsung muncul. Butuh waktu beberapa jam, atau tergantung ada tidaknya pengunjung di jurnal kita.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah bagaimana memasang Statcounter di OJS. Yang perlu di perhatikan dan ini sering sekali menjadi kesalahan yang menyebabkan statistik tidak muncul adalah pada saat akan memilih platfom. Jika Anda menggunakan OJS 3.1 atau yang lebih baru, maka di statcounter wajib klik 70 platforms, dan memilih OJS 3.1.

Selanjutnya yang sering sekali tledor, adalah editor lupa untuk memverifikasi instalasi di halaman statcounter.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar