Berapakah kapasitas storage iPad terbaik untuk Anda?

In Program, Umum

Pertanyaan ini banyak ditanyakan orang seseorang khususnya pengguna baru iPad. Bahkan pertanyaan ini sering sekali saya jumpai di forum2 besar.

Awal-awal saya juga demikian, saya bingung ketika mau membeli iPad 7 saya. Opsi iPad 7 hanya diberi pilihan kapasitas 32GB atau 128GB? Dan ini benar-benar tanggung, mengapa hanya diberi pilihan 32GB dan 128GB, padahal yang pas sebetulnya 64GB, mengapa opsi ini tidak ada di varian iPad ini.

Dan keputusan yang saya ambil adalah jatuh kepada 32GB.

Apakah saya menyesal dengan hanya membeli kapasitansi 32GB ?

 

——————————————

 

Pertanyaan tadi langsung saya jawab, dan jawabannya adalah saya tidak menyesal. Mengapa demikian?

Akan tetapi kondisi ini bisa saja berbeda dengan Anda.

Akan saya beritahu kepada Anda, kapan anda memerlukan 32GB dan kapan memerlukan 128GB.

Namun sebelumnya akan saya perlihatkan berapa kapasitas iPad saya saat ini.

Oke mari kita mulai bahas intinya, kapan kondisi kamu memerlukan kapasitas storage yang kecil

  1. Adalah ketika kamu menggunakan iCloud sebagai pengganti penyimpanan storage iPad . Tidak hanya iCloud ya, kamu bisa menggunakan kapasitas online lain seperti OneDrive,Google drive, Dropbox. Saya sendiri menggunakan iCloud dan 2 onedrive. iCloud menawarkan 5GB untuk pilihan gratisnya, dan saya juga 2 kapasitas onedrive saya, yaitu yang versi gratis dan versi bisnis. Versi bisnis bisa saya gunakan sampai dengan 1TB. Nah jadi sistem penggunaan storage online ini adalah sebagai pengganti storage iPad kita yang hanya diberi 32GB. Ketika kita akan menyimpan file office kita akan memilih untuk menyimpannya  dan menupload melalui OneDrive misalnya.
  2. Ketika Anda sering terkoneksi dengan internet. Ini merupakan sebab akibat ya. Kalau kamu ingin menyimpan file melalui cloud tentu saja kamu membutuhkan koneksi internet untuk membukanya. Saya rasa saat ini mudah mendapatkan koneksi internet. Tinggal aktifkan hotspot HP kamu dan kamu sudah langsung terkoneksi dengan internet. Kamu juga bisa memilih opsi pembelian wifi celullar jika mempunyai budget lebih.
  3. Tidak banyak menyimpan banyak file offline. Kamu tidak perlu menyimpan banyak file online melalui iPad, karena file-file kamu backup melalui cloud. Kamu juga tidak perlu mendownload film-film, kamu tinggal melakukan streaming karena koneksi internetmu sudah ada. Namun jika kamu ingin benar- benar ingin menyimpan kamu tidak perlu menyimpan banyak film. Berlaku juga untuk file-file MP3 ya.
  4. Penggunaannya hanya untuk jangka pendek. Kita tidak tahu kedepannya kita akan menggunakan storage file iPad kita untuk apa saja. File-file aplikasi yang yang kitadownload bisa jadi kedepan akan banyak berkembang dan membutuhkan size yang besar. Ini sih yang tahu adalah anda sendiri. Namun saya bisa memperkirakan paling tidak kita masih bisa bertahan minimal 3 tahun atau bahkan lebih.
  5. Ketika tidak banyak menginstal aplikasi. Jika kita hanya menyimpan file kita melalui online, maka sisa storage kita hanya terpakai oleh aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang kamu instal maka semakin banyak membutuhkan ruang penyimpanan. Anda bisa memperkirakan terlebih dahulu apakah aplikasi yang kamu instal apa benar-benar kamu butuhkan. Jika kamu ingin menginstal aplikasi game, terutama game besar kemungkinan maksimal kamu hanya bisa instal minimal 5-8 game besar. Saya memperkirakan satu gamenya 3GB ya..

 

Nah Lalu kemudian kapan kondisi yang tepat Kamu membutuhkan storage yang besar, contohnya 128GB.

  1. Yang pertama adalah ketika kamu benar-benar menjadikan kapasitas storage iPad adalah penyimpanan utama. Jadi ketika kamu mau menyimpan file dari aplikasimu, kamu menyimpannya di storage iPad mu.
  2. Ketika kamu benar-benar sudah mendapatkan koneksi internet. Artinya ketika kamu sudah mendapatkan koneksi internet, terus kemudian kamu menyimpannya untuk kemudian di buka di lain waktu. Seperti mendownload film, MP3, dll.
  3. Jika penggunanya memang untuk jangka panjang. Saya tidak bisa menjamin apakah iPad 7 masih bisa mendapatkan OS untuk jangka waktu 4 tahun mendatang. Ya dikarenakan iPad 7 ini menggunakan prosesor yang sudah cukup lama ya, os 10 fusion.
  4. Jika memang mau kamu gunakan untuk banyak aplikasi.

Mudah-mudahkan penjelasan yang singkat ini dapat bermanfaat buat kamu. Jika ingin mendengarkan detailnya islahkan tonton penjelasan saya di video berikut:

Facebook Comments

You may also read!

Linux Mint Xfce VS MX Linux, ini Kelebihan dan Kekurangannya

Sudah lama saya tidak bermain linux, terakhir sekitar tahun 2010 waktu S1. Jadi saya selama itu saya pakai windows.

Read More...

Nonton Youtube Sambil Ngerjain Tugas – Fitur Picture in Picture

Fitur Picture in Picture merupakan fitur yang jarang sekali dimanfaatkan oleh pengguna Youtube. Hampir semua browser menfasilitasi ini, yang

Read More...

Google Drive: Mengganti File Publik Tanpa Mengubah Link

Saya biasa menyimpan file-file penting di dalam google drive. File tersebut terkadang juga saya bagikan kepada mahasiswa atau kolega

Read More...

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu