Cara Agar Tidak Otomatis Masuk Grup WhatsApp Tanpa Izin

Di artikel kali ini saya membuat tutorial bagaimana cara agar kontak WhatsApp kita tidak bisa di tambahkan ke grup dengan sembarangan tanpa izin. Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang Masuk Grup Spam di Telegram? Ini 2 Cara Mengatasinya.

WhatsApp sudah menjadi sebuah aplikasi wajib yang harus ada di smartphone kita. Hampir setiap hari kita menggunakan WhatsApp dalam berkomunikasi dengan rekan kita.

Salah satu fitur dariWhatsApp yang tidak kalah penting adalah adanya Grup. Grup membuat kita terhubung antar user dalam satu ruang chat. Sehingga memungkinkan kita bisa berkomunikasi dengan cepat dan mudah.

Namun terkadang ada saja beberapa grupWhatsApp yang tidak sesuai dengan keinginan masuk secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan. Hal itu karena ada rekan kita menambahkan kontak kita ke dalam grup tanpa izin terlebih dahulu.

Setting Grup Privasi WhatsApp

Solusi agar kita tidak sembarang di masukkan ke dalam grup WhatsApp adalah dengan mengubah privasi grup. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tutorial di bawah ini:

  1. Tekan titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Setelan.
  2. Masuk di menu Akun
Cara Agar Tidak Otomatis Masuk Grup Whatsapp
Masuk menu Akun
  1. Tekan Privasi
Cara Agar Tidak Otomatis Masuk Grup Whatsapp
Tekan privasi
  1. Tekan Grup
  2. Ubah pada Siapa yang dapat menambahkan saya ke grup menjadi Kontak saya kecuali…
Cara Agar Tidak Otomatis Masuk Grup Whatsapp
Pilih kontak saya kecuali…
  1. Centang semua kontak Anda dengan cara tekan icon centang di pojok kanan atas.
Cara Agar Tidak Otomatis Masuk Grup Whatsapp
Centang semua kontak, dengan sekali tekan di pojok kanan atas

Opsi Privasi

Pada langkah ke 5 di atas, ada beberapa penjelasan terkait privasi grup. Silahkan lihat beberapa penjelasan berikut:

  • Semua orang: jika Anda memilih ini artinya semua orang termasuk di luar kontak yang Anda simpan dapat memasukkan Anda ke grup tanpa izin.
  • Kontak saya: jika Anda memilih ini artinya hanya kontak yang Anda simpan yang dapat memasukkan Anda ke grup.
  • Kontak saya kecuali: jika Anda memilih ini artinya Anda memilih opsi hanya orang-orang tertentu saja yang tidak boleh menambahkan ke grup tanpa izin. Di tutorial atas, saya memberikan opsi centang seluruhnya, yang artinya semua orang yang ada di kontak Anda tidak bisa menambahkan ke grup tanpa terkecuali. Anda bisa setting sendiri sesuai dengan keinginan siapa saja yang diperbolehkan untuk menambahkan Anda ke grup tanpa izin.

Efek Samping

Tidak ada efek samping ketika kita mengatur setingan di atas kecuali Anda tidak bisa dimasukkan ke dalam grup tanpa izin.

Apakah selamanya kita tidak bisa masuk ke grup?

Tentu saja tidak, dengan kita menetapkan pengaturan di atas, nantinya rekan kita akan meminta izin ke kita dengan mengirimkan link grup ke pesan pribadi. Anda tinggal memberi keputusan apakah mau masuk ke grup atau tidak. Jika tidak mau masuk ke grup Anda bisa mengabaikan saja pesannya.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah bagaimana cara agar kontak kita tidak bisa di tambahkan ke grup tanpa izin. Dengan kita menetapkan pengaturan tersebut, nantinya WhatsApp kita akan terhindar dari spam grup yang tidak jelas.

Silahkan di coba, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada rekan Anda yang membutuhkan informasi bermanfaat ini.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar