Cara Instal Cyberpanel di VPS DigitalOcean untuk Pemula

Kali ini saya ingin berbagi tutorial bagaimana cara memasang/instal Cyberpanel di VPS milik DigitalOcean bagi penula. Tutorial ini memang untuk pemula, Anda tidak perlu banyak memahami bahasa linux saat melakukan instalasi.

Tentang Cyberpanel

Cyberpanel merupakan salah satu panel yang gratis yang berjalan di bawah teknologi dari OpenLiteSpeed. Informasi lebih jelasnya bisa Anda dapatkan di sini.

CyberPanel hadir dengan dua versi, satu sebut saja CyberPanel dan yang satunya disebut CyberPanel Enterprise . CyberPanel hadir dengan OpenLiteSpeed ​​dan sepenuhnya gratis dan dapat digunakan untuk jumlah domain yang tidak terbatas.

Sedangkan CyberPanel Enterprise hadir dengan LiteSpeed ​​Web Server Enterprise, ini juga gratis namun hanya bisa untuk 1 domain. Jika Anda membutuhkan lebih dari 1 domain maka Anda dapat melihat harga yang ditawarkan di  di sini .

DigitalOcean dan Cyberpanel

DigitalOcean menyedian sebuah fitur One-Click installer yang tersiman di dalam Marketplace mereka. termasuk diantaranya adalah Cyberpanel. Sehingga kita tidak perlu repot-repot melakukan instalasi manual melalui SSH, namun hanya tinggal satu klik saja (kata digitalocean) maka Cyberpanel sudah bisa kita nikmati.

Untuk infirmasi lebih jelasnya tentang Cyberpanel di Marketplace DigitalOcean silahkan klik di sini.

Gratis $100 dari DigitalOcean

Jika ada dari Anda yang ingin mendapatkan gratis deposit $100 selama 60 hari, silahkan gunakan kode saya dengan cara klik tombol dibawah ini:

Tutorial Cara Instal Cyberpanel di DigitalOcean

Tibalah sekaran saatnya saya memberikan tutorial bagaimana cara instal Cyberpanel di VPS milik DigitalOcean. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1). Pastikan Anda sudah melakukan login akun DigitalOcean.

2). Klik Create => Droplets; Ada di bagian pojok kanan atas.

Cara Instal Cyberpanel di VPS DigitalOcean untuk Pemula
Membuat Droplet

3). Pada bagian Choose an image, klik menu tab Marketplace.

4). Cari CyberPanel, atau Anda juga bisa memasukkan kata kunci di sana.

Cara Instal Cyberpanel di VPS DigitalOcean untuk Pemula
Instal CyberPanel

5). Bagian Choose a plan, silahkan pilih paket. Silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Cara Instal Cyberpanel di VPS DigitalOcean untuk Pemula
Memilih paket

6). Bagian Choose a datacenter region silahkan pilih region server Anda. Silahkan disesuaikan. Jika target visitor Indonesia saya sarankan untuk memilih yang paling dekat yaitu Singapore.

Cara Instal Cyberpanel di VPS DigitalOcean untuk Pemula
Memilih region server

7). Pada bagian Select additional options, silahkan disesuaikan. Saya biasanya suka melihat kondisi server melalui monitor, jadi saya centang bagian Monitoring.

8). Bagian Authentication, saya sarankan untuk menggunakan Password saja jika Anda masih pemula. Ini adalah password SSH, pastikan Anda mengingatnya.

Cara Instal Cyberpanel di VPS DigitalOcean untuk Pemula
Masukkan password SSH

9). Pada bagian Finalize and create, Choose a hostname silahkan masukkan hostname. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Cara Instal Cyberpanel di VPS DigitalOcean untuk Pemula
Masukkan hostname

10). Bagian akhir silahkan centang Enable backup jika Anda ingin server selalu melakukan backup. Namun ini akan menambah biaya sebesar 20% dari pilihan paket Droplet Anda.

Cara Instal Cyberpanel di VPS DigitalOcean untuk Pemula
Mengaktifkan backup

11). Terakhir klik Create Droplet, dan silahkan tunggu sampai proses selesai. Biasanya berjalan tidak sampai 2 menit selesai. Berbeda saat kita instal manual mungkin bisa memakan waktu hingga 15 menitan.

Proses Login SSH

Setelah proses selesai seharusnya ada informasi ipv4, silahkan login SSH Anda dengan IP yang diberikan. Username Root dan passwordnya yang telah Anda masukkan tadi. Anda bisa menggunakan Terminal atau Putty.

Saat Anda login SSH, nantinya akan diberikan informasi untuk memasukkan kode untuk melihat login password dari Cyberpanel.

Login Cyberpanelnya ada di: https://ip-Anda:8090/

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar