Cara Mengganti Urutan Jurnal di OJS 3

Setiap kali kita membuat/Cread jurnal bari di OJS seringkali kita melihat bahwa jurnal yang baru kita buat masuk di urutan pertama. Padahal namanya jurnal yang baru di buat tentu saja isinya masih kosong dan belum ada artikel yang diterbitkan.

Selain itu, kadangkala jurnal yang baru kita create belum memiliki cover dan deskripsi yang jelas sehingga ini akan mengganggu tampilan jurnal yang lain. Tampilan jurnal utama jadi kurang rapi dan tidak terlihat bagus, karena jurnal yang baru kita buat muncul di urutan paling atas. Lihat contoh gambar berikut:

Tampilan urutan jurnal yang kurang baik

Mungkin sebaiknya jurnal yang baru kita create/buat sebaiknya kita taruh di urutan yang paling bawah. Sehingga ini tidaklah terlalu mengganggu tampilan.

Selain itu kadangkala kita juga ingin menampilkan urutan jurnal yang terbaik-terbaik dulu. Agar bisa memberikan kesan yang baik bagi pengunjung tentunya. Pertanyaannya adalah:

Bagaimana cara mengatur/mengganti urutan posisi jurnal di OJS?

Jika Anda mempunyai pertanyaan serupa, atau semaksud dengan pertanyaan diatas, maka Anda menemukan artikel dan tutorial yang tepat. Berikut ini saya berikan langkah-langkah bagaimana cara mengatur urutan posisi jurnal di OJS:

1. Anda wajib login sebagai Administrator. Anda tidak bisa mengatur ini jika posisi akun login Anda hanya sebagai jurnal manager.

2. Masuk di menu Administrator, kemudian klik Hosted Journals.

Tutorial Cara Mengganti Urutan Jurnal di OJS 3

3. Selanjutnya klik Order, dan tinggal pindahkan saja urutan jurnalnya dengan cara klik dan drag sesuai dengan urutannya. Lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:

Memindahkan urutan jurnal di OJS

Itu saja barangkali tutorialnya, mudah-mudahan bermanfaat. Tulis di kolom komentar jika ada yang perlu didiskusikan.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan