2 Cara Menampilkan Panel Menu di Word yang Tersembunyi

Pernahkah Anda mengalami sesuatu yang tidak sengaja, ketika sedang mengerjakan pekerjaan menggunakan Microsoft Word tiba-tiba panel menu hilang? Jadi yang muncul hanya seperti ini saja:

Menampilkan Panel Menu di Word yang Tersembunyi

Menu-nya memang ada, tapi isi panelnya menjadi tidak terlihat, dalam istilah di microsoft ini disebut the Ribbon. Sebenarnya jika kita klik sekali pada menu tersebut, panel Ribbon bakal muncul kembali. Namun ketika kita kembali menulis di dokumen, maka panel Ribbon kembali tertutup.

Hal ini terkadang menjengkelkan kita, padahal kita ingin pekerjaan segera selesai.

Tutorial lain yang berkaitan dengan tips dan trik Microsoft Word dapat Anda lihat di sini.

Tutorial Mengembalikan Panel Menu di Word yang Tersembunyi

Nah pada tutorial ini saya membagikan 2 cara bagaimana kita mengembalikan panel menu di word seperti sedia kala. Sebetulnya cara ini cukuplah mudah, baiklah tanpa berlama-lama berikut ini langkah-langkahnya:

Cara 1

Caranya sangatlah mudah, cukup klik kanan pada bagian menu, setelah itu klik atau hilangkan centang bada bagian Collapse the Ribbon. Kurang lebih silahkan lihat gambar GIF Berikut ini:

Menampilkan Panel Menu di Word yang Tersembunyi

Cara 2

Cara kedua juga cukuplah mudah, yaitu hanya tinggal double klik/klik 2 kali saja pada bagian menu, maka panel menu kembali normal.

Penutup

Sebetulnya panel menu Ribbon hanya tersebunyi saja, biasanya kita tidak sengaja melakukan double klik pada bagian menu, sehingga tampilan panel menu menjadi tersembunyi.

Baiklah itu saja barang kali tutorial singkat dari saya, mudah-mudahan bermanfaat.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar