Cara Mengubah Video Cembung/Melengkung Menjadi Normal/Flat di Filmora X

Pada artikel ini saya membagikan tutorial bagaimanakah cara mengubah hasil video yang cembung atau melengkung di pinggir menjadi mode normal/flat di Filmora X. Setelah sebelumnya saya juga membuat turorial tentang 2 Cara Teknik Zoom In & Out di Filmora dan Filmora X: Cara Membuat Efek Blur di Wajah/Objek.

Video cembung atau video yang melengkung biasanya didapatkan saat kamera menggunakan mode wide atau lensa Fisheye. Lensa wide/Fisheye cenderung menghasilkan video yang melengkung namun dengan sudut pandang yang lebar. Biasanya ini juga didapatan pada beberapa kamera Action, seperti kamera Gopro dan lain sebagainya. Saya sendiri mengalami hal ini pada kamera wabcam saya JETE W7 yang menghasilkan lensa yang lumayan cembung.

Meskipun menghasilkan sudut pandang yang luas, namun beberapa orang terkadang tidak suka dengan tampilan video yang melengkung sehingga kita bisa membuat lurus melalui proses editing. Pada kesempatan kali ini saya membagikan tutorialnya menggunakan aplikasiFilmora X.

Meskipun tutorial ini saya menggunakan Filmora X, tutorial ini juga bisa digunakan untuk versi Filmora 9. Untuk menyingkat waktu berikut ini langkah-langkahnya:

Tutorial Mengubah Video Cembung Menjadi Normal:

  1. Pastikan video sudah berada di dalam Timeline
  2. Klik dua kali pada bagian video di timeline
  3. Bagian menu tab Video, centang pada bagian Lens Correction
Cara Mengubah Video Cembung/Melengkung Menjadi Normal/Flat di Filmora X |
Proses pengaturan Lens Correction
  1. Bagian Select Model silahkan melakukan eksperimen sendiri. Jika kamera yang Anda gunakan sudah tersedia, Anda tinggal memilih saja jenis kamera Anda. Saya sendiri karena jenis kamera saya tidak ada dan sudah melakukan eksperimen, akhirnya pada bagian Select Model saya memilih Gopro Hero 7.
  2. Bagian Adjust level silahkan Anda kurangi.
Cara Mengubah Video Cembung/Melengkung Menjadi Normal/Flat di Filmora X
Pengaturan mengubah mode wide jadi normal
  1. Jika sudah dirasa cukup, jangan lupa klik OK.

Berikut ini hasil sebelum dan sesudah saya lakukan pengaturan di atas.

Cara Mengubah Video Cembung/Melengkung Menjadi Normal/Flat di Filmora X
SEBELUM: video masih melengkung, SESUDAH: video tidak melengkung lagi.

Penutup

Itulah langkah-langkah bagaimana cara mengubah tampilan video cembung atau melengkung menjadi mode normal. Carany cukup mudah, hanya melakukan beberapa langkah saja. Jika ada yang perlu didiskusikan jangan lupa untuk menulisnya di kolom komentar.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar