Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Petir

1 min read

PetirPemostingan ini saat kondisi sedang hujan, yakni pada saat malam tahun baru 2013, ya malam tahun baru di kota Yogyakarta sedang dilanda hujan yang sangat deras sekali, sehingga admin mencoba ambil hikmah dari semua ini, terutama tentang hujan yang selalu diiringi dengan petir.

Apa yang kalian tau tentang petir? Menurut kamus bahasa Indonesia definisi petir itu senidiri adalah kilatan listrik di udara disertai bunyi gemuruh karna bertemunya awan yg bermuatan listrik positif (+) dan negatif (–). Dari situlah kemudian timbul adanya cayaha disertain dengan suara gemuruh yang sangat keras. Nah dari sinilah fisika mau berbicara, apa kalian sudah tau bahwa kecepatan cayaha lebih besar daripada kecapatan suara? Kecepatan cayaha mencapai 299.792.458 m/detik, sedangkan kecepatan suara sekitaran 344 m/detik. Itulah sebabnya pada saat ada petir selalu cahaya duluan yang datang daripada suaranya.

Maha Besar Allah, dia menciptakan itupun dengan tujuan dan maksud tertentu, Allah menciptakan itu supaya umatnya dapat berfikir betapa luas ilmunya, agar melihat itu sebuah kekuasaanya, agar manusia itu dapat bersukur atas nikmat dari-Nya.

Mari kita tinjau lebih mendalam lagi yuk, Allah sengaja membuat kecepatan cahaya lebih cepat dari kecepatan suara. Coba bayangkan tatkala ada petir menyambar dan pada saat itu pula secara cepat cahaya menghampiri kita, setelah itu barulah disusul dengan suara gemuruh dari petir itu, pada saat ada cayahaya datang itu lah ada persiapan bahwasana kita akan mendengar suara gemuruh yang sangat keras. Dan bagaimana bilamana kecepatan cahaya dan kecepatan suara bersamaan datangnya, artinya pada saat petir datang kemudian caya dan suara pun datang bersamaan, ya tentunya tak ada persiapan lagi dan akan mendengarkan suara kejutan. Akan lebih banyak lagi umat yang tidak nyaman dengan itu, contohnya orang yang mempunyai sakit jantung.

Baca Juga:  Download Kartu Presentasi untuk Anak Santri

“..Sesungguhnya pada yang demikian itu, terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang berakal.” (QS. THAAHAA: 54)

Semoga kita digolongkan termasuk orang-orang yang banyak bersyukur. aamiin

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

[Audio] Menyelami Makna Surat al Fatihah

Menyelami Makna Surat al Fatihah Pertemuan 8 (Audio Kajian) Oleh Ustadz Aris Munandar hafizhahullahu taala Pembahasan : Makna Alhamdulillah dan Rabb Link Download kitab...
Thoha Firdaus
1 min read

BEROBAT DENGAN MINUM AIR KENCING UNTA, HALAL ATAU HARAM?

KAJIAN FIQIH SINGKAT & MANFAAT MEDIS URINE UNTA Oleh: Nanung Danar Dono, Ph.D. Direktur Halal Centre, Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta BEROBAT DENGAN MINUM...
Thoha Firdaus
1 min read

Tinggalkan Balasan