BAGAIMANA MENJADI GURU PROFESIONAL BIDANG FISIKA

In Fisika, Pendidikan

Berikut 2 poin yang paling tidak guru mempunyai ilmu yang mesti dipelajari agar menjadi guru fisika yang handal:

  1. Mengajar  dengan Memperhatikan  Kemajuan Teknologi Informatika

Perkembangan teknik informatika sangat cepat. Guru harus menguasai teknologi ini agar guru dapat melakukan pemutakhiran pengetahuan dan guru dapat melakukan proses pembelajaran yang menarik. Pada masa lalu memang guru menjadi sumber ilmu satu- satunya. Siswa hanya mendapatkan pengetahuan dari guru sehingga guru menjadi pusat pembelajaran. Kemajuan TI menggeser metode pem-belajaran dari pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran berpusat pada siswa. Hal ini karena sumber belajar sekarang ini sangat bervariasi. Siswa sangat mungkin telah mengakses pengetahuan lebih dulu dari pada gurunya.

  1. Mampu Menjadikan Pembelajaran Fisika Yang Mudah dan Menantang

Berbagai caranya sebagai berikut:

  • Memperbanyak praktikum di la-boratorium, agar bahasan tidak terkesan abstrak. Para siswa diajak belajar de-ngan melakukan pengukuran sebuah fenomena Fisika. Kemudian diteruskan dengan melakukan interpretasi data dari hasil percobaanya sehingga tersusun kerangka teori yang mudah dipahami oleh para siswa. Kalau peralatan tidak bisa diperoleh bisa saja guru menampilkan simulasi sehingga pe-riswtiwa fisis tersebut tampak dalam visualisasi yang diberikan.Teknik pem-belajaran ini senantiasa bisa mem-berikan apa arti fisis dalam kehidupan sehari- hari dari sebuah bahasan tertentu.
  • Fisika adalah ilmu dasar yang aplikasinya sangat banyak di dunia industry. Oleh karena itu kunjungan ke industry dan laboratorium perlu di-lakukan agar siswa semakin gamblang arti fisis dan terapannya di kehidupan nyata.
  • Menggunakan metode pengajaran yang santai  dan menarik. Sangat disayangkan bahwa kalau siswa ditanya tentang guru Fisikanya, maka jawabnya sebagian besar adalah galak dan menakutkan. Banyak orang yang sukses dalam bidang Fisika karena guru Fisikanya sangat dekat dengan para siswa. Jika para siswa sudah para siswa sudah merasa nyaman dan dekat dengan guru Fiska, maka pasti siswa tersebut akan bekerja keras untuk memahami Fisika.
  • Memperbanyak latihan mengerjakan soal yang baik. Tentu saja sesuai dengan tingkat pemahaman para siswa. Siswa yang mulai senang mengerjakan soal- sola Fisika, maka siswa tersebut mulai memahami tentang Fisika.

Facebook Comments

You may also read!

Apa itu Jurnal? Ini Kesalahan yang Banyak Orang Artikan

Masalah ini dimulai karena memang masih banyak yang belum paham dengan istilah jurnal. Saya sering dihubungi oleh beberapa orang

Read More...

Cara Menambahkan Style IOP di Mendeley

IOP merupakan salah satu publizer yang sangat familiar dikalangan peneliti. Bahkan beberapa agenda konfrensi menjadikan Journal of Physics: Conference

Read More...

Program Desain yang Powerful dan GRATIS: Inkscape

Apa itu Inkscape? Inkscape adalah perangkat lunak grafik vektor kualitas profesional yang berjalan pada Windows, Mac OS X dan GNU/Linux.

Read More...

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu

Halo..
Ada yang bisa kami bantu?

Pastikan Anda telah membaca keseluruhan artikel sebelum menghubungi kami
Powered by