Sejarah dan Anjuran Puasa pada Bulan Muharam / Puasa ‘Asyura

Siapa yang masih ingat ada sebuah keutamaan puasa di bulan Muharam?
Yakni puasa ‘Asyura atau puasa pada tanggal 10 bulan Muharram. Puasa yang pada awalnya dulu di wajibkan oleh umat muslim sebelum di wajibkannya bulan Ramadhan.

Dalam Hadits menerangkan:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan puasa pada hari ‘Asyura’ (10 Muharam). Setelah diwajibklan puasa Ramadhan, maka siapa yang mau silakan berpuasa dan siapa yang tidak mau silakan berbuka (tidak berpuasa), (HR. Bukhari: 1862)

Puasa ‘Asyura ini pula di lakukan oleh orang Yahudi ketika itu, akan tetapi umat muslim lah yang berhak untuk itu, diriwayatkan dalam hadits:

“Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah sampai dan tinggal di Madinah, Beliau melihat orang-orang Yahudi melaksanakan puasa hari ‘Asyura’ lalu Beliau bertanya: “Kenapa kalian mengerjakan ini?” Mereka menjawab: “Ini adalah hari kemenangan, hari ketika Allah menyelamatkan Bani Isra’il dari musuh mereka lalu Nabi Musa Alaihissalam menjadikannya sebagai hari berpuasa”. Maka Beliau bersabda: “Aku lebih berhak dari kalian terhadap Musa”. Lalu Beliau memerintahkan untuk berpuasa., (HR. Bukhari: 1865)

Oleh-karena puasa ini dilakukan oleh orang Yahudi, maka Rasulullah menganjurkan kepada umatnya agar menyelisihi mereka dengan berpuasa pula pada tanggal 9 Muharram.

Dalam Hadits menerangkan:

Ibnu Abbas ra. berkata: “Ketika Nabi puasa A’syuro dan beliau juga memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa. Para sahabat berkata: “Wahai Rasulullah, hari Asyura adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashoro!! Maka Rasululloh berkata: “Kalau begitu, tahun depan Insya Allah kita puasa bersama tanggal sembelilannya juga”. Ibnu Abbas berkata: “Belum sampai tahun depan, beliau sudah wafat terlebih dahulu”. (HR. Muslim)

Adapun keutamaan pada bulan ‘Asyura, salah satunya pada puasa ‘Asyura Rasulullah memohon kepada Allah:
“Puasa ‘Asyura aku memohon kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu”. (HR. Muslim)

Wallahualam bishowab.


Adapun Anda dapat mendownload ringkasan kajian mengenai puasa pada bulan Muharram.

Silahkan download di sini

Facebook Comments

Written by Thoha Firdaus (admin)

Terimakasih atas kunjungan Anda.. Kami hanyalah manusia biasa, tidak pernah luput dari kesalahan. Artikel ini sengaja kami muat untuk berbagi ilmu kepada semua pengunjung. Sebagian artikel yang kami muat, kami ambil dari berbagai sumber terpecaya yang telah kami cantumkan. Jika ada beberapa kesalahan dalam pembuatan artikel ini kami mohon maaf. Berilah komentar yang baik agar kami dapat memperbaikinya. Jika menurut Anda artikel-artikel yang kami muat ini bermanfaat bagi Anda, mohon sekiranya untuk membagikannya dengan catatan tidak meninggalkan sumber aslinya. Hormat kami: sanguilmu.com

Tinggalkan Balasan