5 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik Gratis

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan daftar list rekomendasi software atau aplikasi gratis perekaman layar terbaik untuk dapat digunakan dalam merekam layar laptop atau komputer Anda. Aplikasi perekam layar atau screen recorder benar-benar gratis dan bisa Anda unduh langsung melalui website resminya.

Sebagai konten kreator tutorial saya rasa aplikasi ini sangat diperlukan. Tidak mungkin jika kita melakukan perekaman layar manual dengan merekam layar laptop menggunakan kamera. Selain hasilnya kurang jelas, resolusi layar juga menjadi kurang stabil.

Rekomendasi Perekam Layar Gratis Terbaik

Baiklah tanpa berlama-lama mari kita lihat daftar list rekomendasi perekam layar terbaik dan gratis:

1). OBS (Open Broadcaster Software)

OBS merupakan rekomendasi pertama yang bisa Anda gunakan. Aplikasi benar-benar gratis dan mempunyai fitur yang sangat lengkap. Banyak konten kreator yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat konten tutorial, bahkan aplikasi ini juga bisa digunakan untuk keperluan live streaming. Sampai saat ini pun Channel Sangu Ilmu menggunakan aplikasi ini dalam membuat tutorial.

Aplikasi OBS tersedia hampir di semua sistem operasi seperti Windows, MacOS maupun di Linux. Anda bisa mendownloadnya melalui website resmi OBS yang beralamatkan di bawah ini:

2). CamStudio

CamStudio merupakan aplikasi perekam layar gratis dan sangat ringan. Fiturnya memang tidak selengkap di OBS, namun sudah dibilang cukup jika untuk keperluan merekam layar. CamStudio merupakan aplikasi perekam layar pertama yang pernah daya coba. Dulu saya masih menggunakan laptop yang jadul dan aplikasi ini bisa digunakan dengan sangat lancar.

CamStudio ini sayangnya hanya tersedia di sistem operasi Windows saja, jadi tidak tersedia pada sistem operasi MacOS maupun Linux (Koreksi jika saya salah ya..).

Untuk mengunduhnya silahkan kunjungi link dibawah ini:

3). Zoom Meetings

Mungkin Anda mengira aplikasi ini hanya digunakan untuk kegiatan video conference saja. Tapi memang betul fungsi utama dari aplikasi Zoom Meetings bukan untuk merekam layar, tapi kita bisa memanfaatkan fiturnya dengan gratis. Cara kerjanya sama halnya ketika kita akan melakukan kegitan meeting online, hanya saja kita tidak perlu mengundang orang untuk masuk ke meeting. Kita cukup melakukan berbagi layar dan rekam kegiatan perekam layar tersebut dan simpan di dalam komputer.

Aplikasi Zoom Meetings tersedia di hampir semua sistem operasi, termasuk Windows, MacOS, maupun di Linux.

Untuk mendownload aplikasi Zoom Meetings silahkan klik tombol berikut:

4). Xbox Game Bar

Sesuai dengan namanya Xbox Game Bar memang digunakan untuk merekam layar untuk keperluan Game Streamer. Namun bukan berarti hanya game saja yang bisa digunakan untuk merekam layar. Aplikasi ini miliknya Microsoft dan tersedia langsung di Windows 10. Jika Anda sudah mengsintallnya, maka tinggak tekan saja di keyboard Windows + G, maka settingan perekam layar langsung muncul.

Sepengetahuan saya aplikasi Xbox Game Bar hanya tersedia saja di Windows, artinya di MacOS dan di Linux aplikasi ini tidak tersedia. Anda dapat mendownload aplikasi ini pada tombol di bawah ini:

5). FlashBack Express

Rekomendasi terakhir aplikasi perekam layar terbaik adalah FlashBack Express. FlashBack memenag menyediakan FlashBack Express dan FlashBack Pro. Perbedaannya yang Pro atau yang berbayar ini kurang lebih hanya menyediakan fitur editing video. Fitur FlashBack Express yang gratis ini tetap memiliki fitur yang terbilan sudang lebih dari cukup, tidak ada limit waktu dan tidak ada tanda airnya (watermarks).

Sayangnya fitur ini sepertinya hanya tersedia di Windows, belum ada untuk MacOS maupun untuk Linux. Pengguaanya terbilang sangatlah mudah, bagi pemula saya yakin Anda akan cepat bisa menyesuaikan. Untuk mendownload aplikasi ini silahkan kunjungi tombol berikut:

Kesimpulan

Itulah tadi 5 rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik dan gratis untuk bisa Anda coba. Dengan adanya informasi ini saya yakin Anda sudah tidak bingung untuk memilihnya. Kalau bingung silahkan coba satu-satu, dan cari mana aplikasi yang menurut Anda paling cocok.

Jika ada yang perlu didiskusikan jangan lupa tulis saja di kolom komentar.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan