Cara Green Screen di OBS Studio

Di artikel ini saya menunjukkan tutorial bagaimana cara mudah menghapus background layar (green screen) di aplikasi OBS Studio. Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang 5 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik Gratis, dan OBS merupakan salah satu aplikasi perekam layar terbaik yang saya rekomendasikan di sana.

Seperti yang saya katakan tadi, OBS merupakan perangkat lunak sumber terbuka dan gratis untuk dapat digunakan sebagai perekaman layar video dan streaming terbaik saat ini. Aplikasi ini benar-benar gratis dan dapat Anda download melalui situs resminya di sini.

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh OBS Studio adalah bisa melakukan Chroma Key atau orang sering sebut sebagai Green Screen. Fitur ini dapat kita gunakan jika kita ingin menghapus background belakang kita yang berwarna hijau (atau bisa warna lainnya yang kontras sama).

Cara ini bisa Anda lakukan tidak hanya di video webcam saja, bisa diterapkan juga di gambar atau media input lainnya.

Cara Green Screen di OBS Studio

Baik untuk lakukan menghapus background belakang menggunakan OBS, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik bagian Source media yang akan di hapus background-nya.
  2. Klik Filters (Bisa juga dilakukan dengan cara klik kanan bagian source media » Filters
Cara Green Screen di OBS Studio
Masuk di menu Filters
  1. Bagian Effect Filters, klik tanda tambah » Chroma Key
Cara Green Screen di OBS Studio
Menambahkan filter chroma key
  1. Beri nama sesuai yang Anda inginkan, atau biarkan namanya Chroma Key kemudian klik OK
  2. Atur Key Colour Type sesuai dengan background yang mau di hapus, jika yang ingin dihapus background hijau, maka biarkan tetap Green.
  3. Atur bagian Similarity dan Smoothness agar background yang terhapus bisa pas. Yang pilihan di bawahnya untuk mengatur warnanya agar presisi dengan background pengganti Anda (silahkan sesuaikan saja sendiri).
Cara Green Screen di OBS Studio
Mengatur chroma key
  1. Setelah selesai, silahkan klik Close.

Penutup

Itulah langkah-langkah bagaimana cara menghapus background dengan menggunakan fitur chroma key atau yang sering orang sebut sebagai green screen menggunakan aplikasi OBS Studio. Caranya cukup mudah, jika ada yang perlu didiskusikan jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Satu pemikiran pada “Cara Green Screen di OBS Studio”

Tinggalkan komentar