Agar Jurnal Dikenal Banyak Orang

Bagaimana cara agar jurnal kita dikenal banyak orang? Ini akan berdampak pada banyaknya penulis yang masuk dari berbagai macam instansi. Sesungguhnya yang membutuhkan terbitnya artikel di jurnal bukan pengelola jurnal, tapi para penulis. Di luar sana banyak penulis yang mencari jurnal-jurnal yang relevan sesuai bidang mereka. Hanya saja informasi jurnal kita tidak sampai kepada mereka.

Lalu bagaimana agar jurnal kita tersebar luas, dan dapat di kenal oleh berbagai macam instansi? Berikut ini mungkin beberapa masukkan:

1. Perbanyak indeksasi jurnal.
Semakin banyak indeksasi jurnal, semakin luas jangkauan jurnal kita. Beberapa penulis juga mencari informasi di beberapa indeksasi, seperti; Google Scholar, Portal Garuda, OneSearch, DOAJ, WorldCat, Sinta, Base, Crossref, Morareff, dan semakin banyak jangkauan semakin banyak di kenal orang.

2. Informasikan di sosial media
Saat ini sosmed telah banyak menjangkau di beberapa kalangan. Informasi melalui sosial media seperti; Facebook, WhatsApp, Twitter, dll meupakan ide yang tepat untuk memperenalkan jurnal kita. Yuk giatkan informasi melalui sosmed..

3. Buat poster jurnal
Saat ini sudah banyak jurnal menerapkan cara ini, dan ini merupakan salah satu cara ampuh. Dengan membuat poster, informasi jadi lebih mudah dan menarik untuk di baca. Melalui poster informasi juga dapat di sebar dengan mudah melalui sosial media.

Itu merupakan 3 cara ampuh memperkenalkan jurnal kita dengan luas, jika ada masukan silahkan komen ya..

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan