Cara Cepat Mengaktifkan Monetisasi Seluruh Video YouTube

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Cepat Mengaktifkan Monetisasi Seluruh Video YouTube. Namun sebelumnya saya akan menjelaskan secara global tentang monetisasi dari YouTube.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa YouTube sekarang sudah menjadi sebuah sosial media yang sangat digemari oleh masyarakat. Saat ini juga banyak sekali orang orang berlomba-lomba ingin membuat sebuah channel. Karena sarat untuk mengunggah sebuah video harus mempunyai sebuah channel terlebih dahulu.

Adapun saat ini orang banyak berlomba-lomba ingin membuat dan mengunggah sebuah video di channel. Selain kemudahan kita untuk berbagi informasi, YouTube bisa dijadikan tempat untuk menghasilkan sebuah penghasilan. Melalui penayangan iklan di dalam channel kita, kita mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditempatkan di dalam video. Istilah ini kalau di YouTube dinamakan monetisasi.

Syarat Agar Channel YouTube di Monetisasi

Agar channel kita di monetisasi atau video-video kita dimonetisasi tentu ada syaratnya. Kalau dulu asalkan video kita banyak pengunjung dan penonton menyukainya maka kita mudah dan cepat untuk menayangkan iklan. Saya masih ingat dulu ketika channel saya baru sekitar 100-an subscribe saya sudah bisa menayangkan iklan dan menghasilkan uang.

Saat ini peraturan YouTube berbeda, yaitu harus memiliki minimal 1000 subscribe, dan memiliki 4000 jam tayang selama 1 tahun terakhir. Untuk mendapatkan tersebut tentu saja tidak mudah kita harus benar-benar mengunggah video yang bermanfaat agar penonton menyukainya.

Saat jumlah syarat yang ditentukan sudah terpenuhi kemudian kita mengajukan melalui panel YouTube atau YouTube Studio. Waktunya menunggu keputusan tentu saja tidak sebentar, kadang bisa sampai 1 bulan atau lebih.

Cara Aktifkan Monetisasi Video YouTube

Pada kondisi ini saya anggap anda sudah diterima sebagai partner YouTube atau video-video anda sudah layak untuk dimonetisasi. Saya yakin ketika channel kita sudah mencapai pada 1000 subscriber dan sudah mencapai 4000 jam tayang selama 1 tahun, pasti kita sudah mempunyai banyak sekali video.

Untuk kita mengaktifkan monetisasi di video YouTube tidak mungkin kita harus melakukan satu persatu. Ya sebetulnya itu bisa kita lakukan namun akan sangat merepotkan sekali. Ada cara singkat agar kita bisa mengaktifkan monetisasi secara massal. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1). Masuk di halaman YouTube Studio

2). Klik Video

3). Centang icon Pilih Semua pada bagian ini atas deretan video

Cara Cepat Mengaktifkan Monetisasi Seluruh Video YouTube

4). Ubah menjadi Pilih semua, dan bagian edit silahkan ganti menjadi Monetisasi. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya

Cara Cepat Mengaktifkan Monetisasi Seluruh Video YouTube

5). Aktifkan bagian pilihan, dan klik Perbaharui Video.

Cara Cepat Mengaktifkan Monetisasi Seluruh Video YouTube

6). Konfirmasi perubahan dengan cara centang pada bagian “Saya memahami dampak tindakan ini” dan klik PERBAHARUI VIDEO.

Cara Cepat Mengaktifkan Monetisasi Seluruh Video YouTube

Kesimpulan

Untuk mengaktifkan monetisasi video, channel kita harus sudah di verifikasi sebagai partner YouTube. Saat mengaktifkan monetisasi video ada cara masal yang bisa kita lakukan. Jadi kita tidak perlu repot-repot mengaktifkannya satu per satu.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan