2 Cara Menghentikan Email Masuk dari ResearchGate

ResearchGate adalah salah satu penyedia database dokumen terbesar saat ini. Bukan hanya dokumen biasa namun juga dokumen karya ilmiah. Selain itu ResearchGate juga terkadang mengindeks beberapa jurnal karya ilmiah. Tidak heran kadang karya ilmiah yang kita terbit kan di salah satu jurnal, kadang masuk otomatis di database ResearchGate.

Tidak hanya itu, kita juga bisa memasukkan dokumen kita secara manual di sana. Namun syaratnya harus membuat akun profile terlebih dahulu. Banyak yang menyukai untuk mengunggah dokumen di ResearchGate, karena tidak sedikit jika dokumen kita unggah di sana biasanya akan terindeks oleh Google Scholar.

Mengapa Kita Sering dapat Email dari ResearchGate?

Dalam ResearchGate juga ada semacam seperti media sosial, seperti mengikuti teman sesama peneliti lain. Tentu saja ini sangat menarik, sehingga kita jadi mempunyai komunitas di sana.

Karena banyaknya aktivitas sistem, akhirnya ResearchGate sering mengirim notifikasi kepada kita melalui email. Apalagi jika nanti dokumen kita sudah banyak, aktifitas seperti download dokumen dari orang lain pasti juga akan banyak sirkulasi. Selain itu pertemanan yang banyak juga kadang sama demikian. Sehingga nanti bakal ada banyak tumpukan email dari ResearchGate.

Pesan Kotak masuk dari ResearchGate

Sepertinya yang Anda lihat pada gambar di atas. Hampir setiap hari saya mendapatkan notifikasi email. Tidak jarang kadang dalam satu hari bisa lebih dari 1 pesan notifikasi.

Jika kita mengganti email dari google (Gmail), pesan ini otomatis akan masuk di dalam tabs Sosial Media. Namun tetap saja bagi sebagian orang ini merasa mengganggu.

Tutorial Cara Menghentikan Berlangganan Email dari ResearchGate

Nah pada tutorial kali ini saya bakal kasih tunjuk ke kalian bagaimana cara berhenti berlangganan atau menghentikan notifikasi email dari ResearchGate. Sebetulnya ini bisa kita atasi melalui pengaturan di dalam profil ResearchGate, manun kadang kita tidak mau ribet. Cara yang kita lakukan nanti mungkin lebih sederhana dan simpel.

Akan ada 2 cara yang bisa kita lakukan. Namun sebelumnya saya ngasih tau jika pada tutorial kali ini saya hanya bisa memberikan tutorial via smartphone. Bagi yang menggunakan desktop bisa menyesuaikan saja, karena caranya kurang lebih sama.

Blokir Email dari ResearchGate

1). Buka salah satu email masuk dari ResearchGate.

2). Klik/tekan icon titik tiga di atas pesan.

3). Klik Blokir “ResearchGate”.

blokir email kotak masuk ResearchGate

Jika kita sudah melakukan cara diatas, pesan sebetulnya masih dikirim namun biasanya akan langsung masuk di folder Spam.

Jika cara di atas menurut Anda masih kurang, silahkan ikuti cara ke dua.

Unsubscribe ResearchGate

1). Buka salah satu email dari ResearchGate.

2). Gulir ke paling bawah pesan email.

3). Klik Unsubscribe

unsubscribe email kotak masuk ResearchGate

Setelah Anda melakukan cara diatas biasanya akan ada pesan sukses berhenti berlangganan. Sepertinya ini contohnya:

successfully unsubscribed ResearchGate

Kesimpulan

Ada setidaknya dua cara bagaimana cara menghentikan pesan email yang masuk dari ResearchGate. Jika Anda mempunyai cara yang lain jangan ragu untuk mari berdiksusi di kolom komentar. Setelah Anda melakukan tutorial di atas, seharusnya sudah tidak ada lagi pesan email yang menggangu atau menumpuk di kotak masuk Anda.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan