Cara Membuat Titik-Titik di Daftar Isi Jadi Rapi

Di artikel ini saya membuat tutorial bagaimana cara membuat titik-titik rapi di dalam Daftar Isi menggunakan Microsoft Office Word. Sebelumnya saya pernah membuat tutorial tentang Cara Membuat Daftar Isi Otomatis pada Ms Word, namun di dalam tutorial itu saya menggunakan office lama (Office 2007).

Saya juga pernah membuat tutorial video MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS DI WORD. Di tutorial itu saya membuat tutorial sangat lengkap. Jika Anda tertarik silahkan tonton video tersebut. Namun jika Anda ingin mencari tutorial bagaimana membuat titik-titik di daftar isi manual, silahkan baca tutorial di sini sampai selesai.

Meskipun ada cara otomatis bagaimana cara membuat daftar isi, namun ada sebagian orang yang tidak menyukai cara tersebut. Misalnya saja orang tersebut tidak mau ribet membuat format heading. Solusi lain yang dapat kita lakukan adalah dengan menggunakan cara manual.

Cara manual membuat daftar pustaka bagi sebagian orang lebih efektif. Namun yang membuat sebagian orang tidak bisa adalah dengan membuat titik-titik rapi. Kalau dengan membuat daftar isi otomatis tentu saja cara ini tidak perlu di lakukan, karena titik-titiknya sudah dibuat otomatis. Sedangkan cara manual, ada trik sendiri bagaimana cara membuat titik-titik di daftar isi terlihat rapi. Kita tidak perlu membuat titik-titik secara manual, cara ini dilakukan oleh Microsoft Word langsung.

Tutorial Membuat Titik-Titik di Daftar Isi

Cara ini sebetulnya sangatlah mudah, pertama yang perlu Anda persiapkan adalah harus ada daftar nama-nama sub judulnya. Selanjutnya di bagian kanan subjudul jika langsung tuliskan saja nomornya. Misalnya saja seperti ini:

Cara Membuat Titik Titik di Daftar Isi

Di dalam tutorial ini saya menggunakan Ms Office 365. Meskipun begitu, tutorial ini juga bisa dilakukan di dalam Ms. Office lama, misalnya saja Office 2007, 2010, 2013, 2016, dsb. Untuk langkah-langkah membuat titik-titiknya sebagai berikut:

  1. Letakkan kursor di sebelah kiri angka.
  2. Seleksi/blok semua pada judul daftar isi yang akan kita beri titik-titik.
  3. Klik dua kali pada bagian mistar/penggaris. Namun jaraknya di sesuaikan dengan jarak panjang dari titik-titik. Jika word Anda belum ada misar/penggarisnya, silahkan lihat tutorial 2 Langkah Cara Memunculkan Penggaris pada Word.
Cara Membuat Titik Titik di Daftar Isi
  1. Nantinya akan ada popup yang muncul, bagian Leader silahkan pilih nomor 2 yang ada titik-titiknya. Kemudian klik OK
  2. Untuk memunculkan silahkan tekan Tab di keyboard sebelum angka. Silahkan ulangi menekan Tab pada bagian setiap judul di daftar isi.

Penutup

Itulah tadi langkah-langkah bagaimana cara membuat titik-titik di dalam daftar isi menggunakan Microsoft Office Word. Tutorial ini sangatlah mudah, Anda tinggal mengubah format tabs saja.

Jika ada yang perlu didiskusikan jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar