Cara Menambahkan Style IOP di Mendeley

IOP merupakan salah satu publizer yang sangat familiar dikalangan peneliti. Bahkan beberapa agenda konfrensi menjadikan Journal of Physics: Conference Seris miliknya IOP ini sebagai luaran publikasi.

Beberapa teman dan kolega saya sempat kesulitan ketika membuat daftar pustaka/referensi milik IOP. Ini dikarenakan style referensi yang dimiliki IOP berbeda dari pada jurnal pada umumnya. Sepertinya IOP membuat style referensi sendiri.

Jadi bagi kita yang terbiasa menggunakan aplikasi referensi manager seperti Mendeley, Zotero, EndNote, dll sangat kebingungan dikarenakan style yang dimiliki IOP tidak tercantum di dalam apikasi pada umumnya. Melalui artikel ini saya akan membahas sekaligus membagikan tutorial dan trik kepada teman-teman agar mudah dalam membuat referensi dengan style IOP.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstal aplikasi Mendeley terlebih dahulu di laptop/PC Anda. Anda juga sebaiknya memasang plugin di MS Word yang Anda miliki. Jika Anda masih belum tau bagaimana cara memasang dan belum tau tutorial dasar tentang Mendeley, saya sempat membuatkan video detail tentang aplikasi referensi manager yang sudah popupler ini. Anda dapat menontonnya di sini: https://youtu.be/j0d9S23WHoM

Setelah dipastikan Anda sudah melakukan instlalasi, pemasangan plugin, dan login di akun Anda. Silahkan silahkan Anda masuk di menu View ==> Contation Style dan pilih More Styles

Cara Menambahkan Style IOP di Mendeley |

Atau jika Anda sudah terlanjur membuka MS Word, Anda juga dapat masuk di menu Reference => pada Bagian Style pilih More Styles..

Cara Menambahkan Style IOP di Mendeley |

Setelah itu Anda apat masuk di tab menu Get More Styles dan masukkan link berikut di dalam kolom Download Style.

Berikut linknya: http://csl.mendeley.com/styles/411175231/iop-454RI

Cara Menambahkan Style IOP di Mendeley |

Setelah itu klik Download, dan klik Done. Kemudian Anda akan memukan tambahan style yang bernama IOP AS Ahmar.

Silahkan Anda kembali ke halaman MS Word dan silahkan cek dan ganti Style Anda ke bentuk IOP AS Ahmar maka style Anda akan berganti menjadi style referensi dari IOP.

Cara Menambahkan Style IOP di Mendeley |

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, dan mohon bagikan kepada teman dan kolega yang membutuhkan. Terima kasih kami ucapkan kepada pencipta atau pembuat style ini, mudah-mudahan berkah.

Terima kasih.

Anda juga dapat melihat tutorial video yang sudah kami buat, silahkan cek disini:

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan