Cara Menentukan Ranking/Peringkat di Excel Otomatis

Pada artikel kali ini saya membagikan tutorial bagaimana cara menentukan ranking atau peringkat di excel dengan cepat dan otomatis. Sebelumnya saya sering membahas tentang tips dan trik excel di blog ini, teman-teman bisa cek saja artikel-artikel di blog ini yang membahas tentang Microsoft Office Excel.

Dalam menentukan peringkat di excel, bisanya kita lakukan dengan melihat nilai terbesar hingga nilai terkecil dari sebuah skor. Yang nilai paling besar biasanya mempunyai ranking 1, hingga yang paling akhir biasanya mempunyai ranking sesuai dengan jumlah variabelnya. Atau bahkan nanti di tutorial ini Anda juga bisa membuat ranking dengan mode terbalik, jadi yang paling kecil nilainya akan mendapat ranking 1.

Jika kita lakukan manual tentu saja akan sangat merepotkan kita, apalagi jika jumlah variabelnya banyak. Katakanlah misal kita ingin membuat ranking nilai siswa yang mempunyai jumlah puluhan, sedangkan nilai yang keluar tidak hanya berupa nilai bilangan bulat, namun juga nilai bilangan desimal. Jika kita lakukan manual tentu aja pasti merepotkan.

Sebelum kita bahas tutorialnya, saya mau informasikan jika tutorial ini saya menggunakan Microsoft Office 365. Namun tenang saja, tutorial ini dapat diterapkan hampir di semua versi Office ya. Bahkan aplikasi office selain Microsoft juga bisa, misalnya WPS Office.

Tutorial Menentukan Ranking di Excel

Dengan berusaha menggunakan bahasa yang sederhana, berikut ini langkah-langkah bagaimana cara membuat ranking pada Excel:

Pada bidang kolom ranking yang kosong, silahkan masukan:

=RANK(nilai;jumlah keseluruhan nilai;jenis urutan)
  • Nilai: masukan nilai cell yang akan dilihat peringkatnya
  • Jumlah keseluruhan nilai: artinya nilai seluruhnya yang dijadikan acuan
  • Jenis urutan: ini optional, secara default akan terisi 0, yang artinya diurutkan berdasarkan nilai mempunyai peringkat yang bagus (peringkat 1). Sedangkan jika diisi 1, maka kebalikannya.

Berikut ini contohnya:

Cara Menentukan Ranking/Peringkat di Excel Otomatis
Cara membuat ranking di excel
Catatan 1. Pada bagian Jumlah keseluruhan nilai disarankan memasukkan icon $ (dollar) tujuannya agar ketika kita mau menerapkan di seluruh cell, nilai acuan tidak ikut berpindah.
Catatan 2. Ada beberapa device menggunakan tanda hubung koma (,), tidak menggunakan titik koma (;).

Penutup

Itulah tadi langkah-langkah bagaimana cara membuat ranking otomatis di excel dengan cepat. Dengan kita menerapkan itu, kita menjadi tidak kerepotan dalam menetapkan ranking.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan juga kepada teman-teman Anda. Jika ada yang perlu di diskusikan jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar