Cara Menghapus Objek Menggunakan Affinity Photo

Di artikel kali ini saya membuat tutorial bagaimana cara mudah menghapus objek foto menggunakan aplikasi Affinity Photo. Sebelumnya saya pernah membuat tutorial tentang 2 Cara Membuat Background Transparan di Affinity Designer.

Mungkin kita pernah mempunyai sebuah foto yang dimana hasil foto kita sangat bagus, namun kurang sempurna dikarenakan beberapa objek di sekeliling kita yang kurang pas. Misalnya saja ada objek orang lain di belakang kita yang menghalangi pemandangan. Contoh lain misalnya kita ingin menghilangkan bekas kotoran wajah seperti jerawat.

Semakin berkembangnya teknologi ini membuat developers berpikir bagaimana caranya kita menghapus objek sebuah gambar namun tidak mengurangi etestika hasil foto. Dan ternyata developer benar-benar bisa mewujudkannya.

Affinity Photo, salah satu produk Affinity yang dimiliki oleh Serif merupakan aplikasi editing foto yang lagi naik-naiknya daun. Affinity sendiri tidak kalah bagusnya dibanding dengan Photoshop. Fiturnya sangatlah lengkap bahkan mudah untuk dioperasikan. Di Affinity Photo sudah ada fitur sendiri bagaimana cara menghapus objek tanpa mengurangi keindahan foto.

Menghapus Objek di Affinity Photo

Menghapus objek atau gambar di Affinity Photo sangatlah mudah. Saya yakin ini tidaklah sulit karena kita hanya membutuhkan satu tool dan satu sentuhan saja. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukkan foto gambar seperti biasa.
  2. Klik kanan pada bagian icon Brush Tools » Pilih Inpainting Brush Tool.
    • Pastikan kursor sudah berubah menjadi bentuk lingkaran.
Cara Menghapus Objek Menggunakan Affinity Photo
Memilih brush tools
  1. Arahkan kursor kemana objek mau dihapus. Klik tahan dan seret kebagian objek yang mau di hapus. Tandanya akan ada warna merah pada bagian objek.
Cara Menghapus Objek Menggunakan Affinity Photo
Menandai objek yang mau di hapus
  1. Setelah melepas klik seharusnya nanti objek otomatis akan terhapus. Ulangi pada beberapa gambar objek yang masih terlihat samar-samar.

Tips Mengecilkan dan Membesarkan Kursor

Jika dirasa kursor yang berbentuk lingkarang tersebut dirasa terlalu kecil atau terlalu besar, Anda bisa mengaturnya dengan cara mengubah pada bagian Width, letaknya ada dibagian kri atas. Lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Menghapus Objek Menggunakan Affinity Photo
Mengecilkan dan membesarkan kursor

Atur sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika ingin cepat, ada shortcut sendiri agar pekerjaan lebih cepat yaitu dengan menekan tanda [ (mengecilkan) atau ] (membesarkan) pada keyboard.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar