Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

2 Cara Membuat Background Transparan di Affinity Designer

1 min read

2 Cara Membuat Background Transparan di Affinity Designer |

Ada kalanya kita menginginkan agar background dari desain yang sudah kita buat menjadi transparan. Biasanya ini dibuat untuk beberapa keperluan seperti menampilkan desain di website, dan di beberapa perangkat office. Tidak jarang juga biasanya kita lakukan ketika akan membuat logo.

Kalau default-nya, Affinity Designer ketika pertama buka latar belakang background berwarna putih bersih. Jika kita langsung export meskipun dalam bentuk eksitasi PNG, tetap saja background masih terlihat putih.

Setidaknya ada 2 cara bagaimana cara agar background yang akan kita export nanti menjadi transparan. Berikut ini tutorialnya

Cara Pertama

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengatur settingan Colour terlebih dahulu sebelum memulai mendesain. Saat pertama kali ingin mendesain dan membuat dokumen baru nanti bakal ada beberapa pilihan.

Silahkan perhatikan pada bagian sebelah kanan di sub Colour. Silahkan centang pada bagian Transparent background. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini:

2 Cara Membuat Background Transparan di Affinity Designer |

Cara Kedua

Cara kedua ini bagi kita yang sudah terlanjur mendesain dan lupa untuk membuat settingan transparan seperti cara pertama di atas. Biasanya juga kita sengaja tidak membuat transparan dulu agar tampilan desain lebih bisa terlihat.

Lalu bagaimana caranya jika kita sudah terlanjur mendesain dan ingin membuat background menjadi transparan? berikut ini caranya:

  1. Pastikan dulu tidak ada Ractangle yang menutupi background utama ya. Jadi yang benar-benar kita hilangkan adalah background bawaan pertama Affinity Designer.
  2. Posisikan kursor Anda sebagai Move Tool (itu lo toolbar menu sebelah kiri pilihan paling atas berbentuk panah). Lalu klik sembarang di bagian background yang akan di hapus.
  3. Selanjutnya klik Document Setup…
  4. Klik menu tabs Colour
  5. Centang Transparent Background.
Baca Juga:  Membuat Objek Sejajar di Affinity Designer

Masih belum jelas? Silahkan lihat gambar animasi GIF berikut ini:

2 Cara Membuat Background Transparan di Affinity Designer |

Jangan lupa untuk menyimpan file tersebut dalam bentuk PNG ya, jangan JPG atau JPEG.

Oke itu saja ya, mudah-mudahan bermanfaat. Jika mau diskusi jangan ragu tulis di kolom komentar.

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Tinggalkan Balasan