Cara Menghentikan Pembayaran Otomatis di Paypal

Paypal Merupakan Alat Pembayaran Favorit

Paypal merupakan alat pembayaran favorit hingga saat ini ketika kita ingin melakukan transaksi pembayaran online. Terutama ketika ingin bertransaksi luar negeri.

Hal lain yang menjadikan alat pembayaran ini favorit bisa jadi umumnya karena memang tidak mempunyai kartu kredit. Meskipun untuk mengisikan saldo kadang butuh kartu kredit, namun di marketplace dalam negeri sepertinya sudah banyak yang menyediakan jasa pengisian saldo Paypal dengan mudah.

Alternatif Pengganti Paypal dan Kartu Kredit

Alat favorit pembayaran lain adalah menggunakan VCC. Saya sendiri sebelumnya menggunakan VCN untuk transaksi sebagai alternatif pembayaran tanpa kartu kredit. Namun karena saat ini BNI sedang menghentikan program ini, (informasinya ada disini:
VCN di BNI Tidak Bisa Digunakan Lagi?), Maka akhirnya saya benar-benar pindah pembayaran menggunakan full Paypal.

Cara Menghentikan Pembayaran Otomatis di Paypal

Baik kita kembali ke permasalahan..

Beberapa penyedia pembayaran berlangganan telah menetapkan untuk melakukan pembayaran rutinan. Jadi Paypal otomatis melakukan pembayaran ketika sudah masuk jatuh tempo. Fitur ini sebenarnya bagus, namun kadang ada diantara kita yang tiba-tiba ingin memberhentikan berlangganan dan tidak ingin melanjutkan lagi pembayaran.

Agar proses tidak ribet kita bisa melakukan pemberhentian pembayaran otomatis langsung melalui akun Paypal. Cara ini cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

1). Masuk di akun Paypal Anda.

2). Klik pengaturan atau icon bergigi di pojok kanan atas.

Cara Menghentikan Pembayaran Otomatis di Paypal |

3). Klik Pembayaran => Kelola pembayaran otomatis

Cara Menghentikan Pembayaran Otomatis di Paypal |

4). Pada bagian bilah kiri, klik Show active (1),

5) Klik pembayaran otomatis mana yang mau dihentikan (2). Dalam hal ini saya memberi contoh pembayaran pemesanan langganan Zoom yang mau saya hentikan otomatis.

Cara Menghentikan Pembayaran Otomatis di Paypal |

6) Klik Cancel pada bagian pembayaran otomatis (3). Gambar diatas untuk lebih jelasnya.

7) Klik Cancel Automatic Payments. Saat Anda mencoba klik Cancel, biasanya akan ada sebuah peringatan, apakah mau dilanjutkan atau tidak. Berikut ini tampilan peringatannya:

Cara Menghentikan Pembayaran Otomatis di Paypal |

Kesimpulan

Paypal merupakan alat pembayaran yang terbilang aman. Kita tidak perlu khawatir jika kita punya pembayaran berlangganan. Karena di dalam aplikasi atau sistem paypal kita bisa menghentikan pembayaran otomatis tersebut dengan mudah.

Mudah-mudahan ini membantu dan jangan kaget jika tiba-tiba uang yang ada di rekening paypal kita tiba-tiba habis atau sering berkurang hanya karena lupa kita belum menghentikan pembayaran otomatis.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan