VCN di BNI Tidak Bisa Digunakan Lagi?

Beberapa waktu yang lalu saya hendak ingin membayar sebuah tagihan tentang pemesanan sebuah tema dan beberapa tagihan lain yang membutuhkan kartu kredit atau paypal untuk pembayaran.

Dikarenakan saya tidak memiliki kartu kredit, makan seperti biasa saya melakukan pembayaran via BNI dengan menggunakan VCN via Mobile Banking. Ketika hendak menerbitkan VCN, ternyata pada hari itu sedang tidak bisa. Pesan kesalahan yang tampil di dalam banking tersebut adalah:

“Mohon maaf kami sedang meningkatkan layanan Mobile Banking, coba beberapa saat lagi”

Tulisan tampilan di Mobile Banking BNI

Saya tau pesan kesalahan seperti itu, saya mengira mungkin ini sudah biasa dialami di sistem BNI Mobile Banking. Biasanya saya hanya menunggu waktu saja, dan selang beberapa jam atau hari kemungkinan akan normal kembali. Namun saya coba berulang kali setelah beberapa jam ternyata masih tidak bisa.

Apa VCN di BNI Sudah Tidak Tersedia Lagi?

Saya mencoba mencari berita update dan saya menemukan salah satu komentar di pesan postingan BNI via sosial media Facebook. Salah satu penanya menanyakan sebagai berikut:

VCN maintenance smp kapan? Dari Selasa request selalu bilang maintenance dr mobile banking atau SMS banking sama aja ga bs semua

Marendra Harditya

Selang beberapa menit pihak BNI membalas pesan komentar tersebut dengan balasan sebagai berikut:

Hai Kak Marendra , untuk transaksi VCN melalui Mobile Banking dan SMS Banking per tanggal 31 Juli 2020 sudah tidak bisa dilakukan. Namun Kakak jangan kawatir, untuk transaksi online bisa menggunakan 3D secure ya Kak. Tks -Darma-

BNI

Alternatif Pengganti VCN di BNI

Karena saya kurang puas dengan jawaban seperti itu akhirnya saya sendiri melanjutkan pertanyaan sebagai berikut:

Jadi VCN sudah tidak bisa digunakan lagi ya??

Thoha Firdaus (saya)

Selanjutnya BNI melakukan konfirmasi kembali serta memberikan sebuah alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti VCN.

Halo Kak Thoha, untuk request VCN baik dilakukan melalui Mobile Banking dan SMS Banking per tanggal 31 Juli 2020 sudah tidak bisa dilakukan. Untuk selanjutnya mengenai transaksi belanja online, Kakak bisa menggunakan fitur 3D Secure. 3D Secure merupakan protokol keamanan transaksi online untuk melakukan konfirmasi (otentifikasi) terhadap pemilik kartu/rekening dengan cara mengirimkan One Time Password (OTP) ke nomor handphone yang telah terdaftar di BNI ya. Tks -Ilona-

BNI

3D Secure Bisa Digunakan di Kartu Debit?

Jujur saya masih awam dengan istilah 3D Secure. 3D Secure sendiri bisa Anda dapatkan informasi lengkapnya di sini.

Jadi apakah 3d Secure bisa digunakan dikartu debit? Berikut ini jawaban dari pihak BNI:

Kak Thoha dapat menggunakan fasilitas 3D Secure pada kartu debit dengan ketentuan kartu debit berlogo MasterCard, aktif BNI Mobile Banking dan 3D Secure ya. Untuk pengecekan status 3D Secure, silakan Kakak menghubungi BNI Call 1500046 (layanan 24 jam). Apabila Kakak transaksi online, pastikan pada merchant tempat Kakak bertransaksi tersedia layanan 3D Secure yang ditandai dengan logo MasterCard SecureCode. Saat pilih metode pembayaran, Kakak pilih dengan Kartu Debit BNI berlogo MasterCard. Masukan 16 digit nomor Kartu Debit BNI Mastercard Kakak dan setelah itu masukkan masa berlaku kartu. Lalu dilanjutkan dengan memasukkan 3 digit CVC yang terdapat di bagian belakang kartu. Kakak akan menerima SMS yang berisikan Kode OTP di nomor HP yang terdaftar pada BNI Mobile Banking ya. Mohon selalu rahasiakan Kode OTP Kakak dan jangan pernah berikan pada orang lain. Terakhir, masukkan Kode OTP pada kolom yang tersedia dan transaksi Kakak berhasil. Tks -Jason-

BNI

3D Secure Bisa Digunakan di BNI Syariah?

Mungkin jawaban dari pertanyaan ini penting bagi sebagian orang, khususnya bagi saya. Saya sendiri sudah terbiasa menggunakan BNI Syariah. Mengenai jawaban dari pertanyaan ini, berikut ini langsung di jawab oleh pihak BNI:

Kak Marendra dapat menggunakan fasilitas 3D Secure pada kartu debit dengan ketentuan kartu debit berlogo MasterCard (tidak berlaku untuk Kartu Debit BNI Syariah), aktif BNI Mobile Banking dan 3D Secure ya. Untuk pengecekan status 3D Secure, silakan Kakak menghubungi BNI Call 1500046 (layanan 24 jam). Apabila Kakak transaksi online, pastikan pada merchant tempat Kakak bertransaksi tersedia layanan 3D Secure yang ditandai dengan logo MasterCard SecureCode. Saat pilih metode pembayaran, Kakak pilih dengan Kartu Debit BNI berlogo MasterCard. Masukan 16 digit nomor Kartu Debit BNI Mastercard Kakak dan setelah itu masukkan masa berlaku kartu. Lalu dilanjutkan dengan memasukkan 3 digit CVC yang terdapat di bagian belakang kartu. Kakak akan menerima SMS yang berisikan Kode OTP di nomor HP yang terdaftar pada BNI Mobile Banking ya. Mohon selalu rahasiakan Kode OTP Kakak dan jangan pernah berikan pada orang lain. Terakhir, masukkan Kode OTP pada kolom yang tersedia dan transaksi Kakak berhasil. Tks -Jason-

BNI

Penutup

Barang kali itu saja informasi yang saya bisa berikan. Mudah-mudahan ini memberikan informasi akurat bagi Anda yang mencari informasi dan mengatasi permasalahan yang sama seperti saya.

Sumber

Sumber informasi di atas berasal dari postingan dari BNI Official via media sosial Facebook. Anda bisa menemukannya di sini:

https://web.facebook.com/BNI/posts/10157087571597102

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

40 pemikiran pada “VCN di BNI Tidak Bisa Digunakan Lagi?”

  1. tadi saya baru aja daftar rek bni tujuannya buat pake ini vcn, saya coba di mbanking gak bisa terus saya telpon pihak BNI dan katanya emang gak bisa sekarang bisanya lewat 3D secure.
    di salah satu poin 3D secure itu pastikan belanja di merchant yang mendukung 3D secure, tadi saya coba di ebay dan gak bisa apakah ebay tidak support 3D secure ya ?

    Balas
  2. Iya betul, memang sudah sy konfirmasi ke BNI vcn dihapus dr awal juli lalu. Padhal saya sering banget pakai fasilitasnya.yg sangat bermanfaat untuk belanja online luar negeri dan pembayara n layanan digital lwat paypal. Penggqntinya 3D secure ini hanya bisa untuk layanan yg sdh kerjasama dg BNI saja. Padhal yg sering saya pakai blm kerjasama. Jd yahhh sepertinya akan beralih ke rek bank lain yg memberi layanan yg sy butuhkan

    Balas
  3. Yah… _ _ padahal saya suka pakai vcn. Bagus yg syariah juga bisa lagi. Ada sih rekening BNI yang konven, cuma saya mau pakai mbanking rek syariah. Mana diatas pada bilang ga support semua merchant ck. Kenapa fitur bagus malah dicabut sih hadeh.

    Btw makasih artikelnya. Tadi saya udah bingung nyari menu vcn dimana ga ketemu-ketemu.

    Balas
  4. Jasa pengisian saldo paypal apa yang agan pakai? Sebelumnya ane sempat nyari-nyari di Internet dan dapet beberapa jasa, tapi ane takut kalo ntar ketipu. Jadi mohon pencerahannya gan! *nundukmemohon

    Balas
  5. btw VCN katanya lagi dalam peningkatan kualitas sampai waktu yang belum ditentukan. Udah beberapa kali tanya masih gitu terus jawaban dari CS nya.

    Balas
  6. waduh padahal mau beli bundle
    mana jasa paypal lagi kosong lagi…
    kenapa juga sih dihilangkan fiturnya?

    btw 3d bisa dipakai buat beli humble bundle gak ya

    Balas
  7. kemungkinan iya bro. cs nya bilang gini.
    “Sesuai informasi yang disampaikan sebelumnya ya Kak Noverio bahwa fitur VCN masih dalam peningkatan kulaitas layanan, jadi bisa pakai fitur 3D Secure biar aman karena kode OTP hanya dikirimkan sesuai permintaan dan ke nomor HP terdaftar. Dimohon Kakak tidak berikan kode OTP ke pihak lain ya. Tks -Vida-“

    Balas
  8. Thanks infonya, pas lagi butuh tiba-tiba ga nemu fiturnya di mobile app, untung ketemu blog ini jadi bisa lanjut transaksi pakai 3d secure. Prosesnya lebih mudah sih tinggal masukan nomor debit sama cvv dan masa berlakunya trus tunggu OTP, tapi memang ga semua merchant bisa dan agak merasa kurang aman karena ga ada limit seperti VCN.

    Balas

Tinggalkan Balasan