Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Menampilkan Tombol/Toolbox yang Hilang di Inkscape

1 min read

Menampilkan seluruh icon toolbox/tombol menu di inkscape

Inkscape adalah Program Desain yang Powerful dan GRATIS, saya sudah pernah menjelaskan sebelumnya disini. Aplikasi inkscape merupakan aplikasi desain alternatif pengganti nomor satu dari CorelDraw. Menu penunjang desin sudah sangat lengkap.

Program ini juga sangat ringan, dan tidak banyak memakan RAM yang sangat bersar. Sehingga laptop/komputer jadul masih bisa mengoperasikan program/aplikasi inkscape ini dengan lancar.

Namun penggunaan resolusi layar laptop/PC yang kecil ternyata bisa mempengaruhi tampilan interfaces dari Inkscape. Meskipun hal ini tidak mengurangi kelengkapan dari penggunaannya.

Salah satu yang terlihat berbeda adalah tampilan menu di bagian toolbox. Bagi pengguna baru mungkin ini terlihat biasa-biasa saja ya, namun bagi yang mencoba pindah penggunaan dari resolusi layar yang besar ke layar yang kecil ini terlihat seperti ada yang kurang.

Menampilkan Tombol/Toolbox yang Hilang di Inkscape |

Meskipun demikian, sebetulnya tombolnya tidak hilang, tombol hanya pindah ke bagian bawah, namun untuk mengaksesnya kita harus menklik terlebih dahulu tanda panah kecil di bawah bawah toolbox. Lihat gambar di bawah ini untuk cara melihatnya.

Menampilkan Tombol/Toolbox yang Hilang di Inkscape |

Namun demikian kita juga bisa menampilkan seluruh tombolnya, yaitu dengan cara mengecilkan tombol yang ada di toolbox. Dengan begitu tombol akan terlihat seluruhnya.

Bagaimana caranya? Ikuti torial ini

1. Masuk di menu Edit kemudian klik Preferences

Menampilkan Tombol/Toolbox yang Hilang di Inkscape |

2. Setelah itu ada tampilan opsi yang muncul, silahkan masuk di Interface dan dilat pada bagian Toolbox icon size. Silahkan Anda ubah menjadi Small agar icon toolbox menjadi kecil. Disana juga ada pilihan Smaller yang mengubah icon juga lebih kecil lagi. Silahkan sesuaikan saja dengan kondisi layar rosolusi komputer Anda. Saran saya Anda bisa mencobanya dari Small terlebih dahulu.

Baca Juga:  Teknik Membuat Tulisan Melingkar di Inkscape

Menampilkan Tombol/Toolbox yang Hilang di Inkscape |

3. Jika sudah silahkan Close/keluar saja dengan menekan icon close di pojok kanan atas, karena di bagian ini tidak ada tombol khusus seperti Save, dan Close.

Apakah perubahan sudah muncul? Jawabannya adalah belum, ada satu langkah lagi yang harus Anda lakukan agar perubahan dapat beroperasi.

4. Silahkan keluar/exit atau close jendela Windows Inkscape Anda, kemudian buka lagi Inkscape. Dengan begitu perubahan yang sudah kita atur tadi bisa terterapkan. Hasilnya akan menjadi seperti ini.

Menampilkan seluruh icon toolbox/tombol menu di inkscape

Kesilmpulan

Sekali lagi sebenarnya tombol ini tidaklah hilang, namun hanya tersembunyi. Karena program inkscape responsif mengikuti resolusi layar komputer/laptop Anda. Ketika tombol icon toolbox kita kecilkan maka baru icon terlihat semua. Akan tetapi resikonya adalah tombol benar-benar kecil ya. Anda bisa melihat gambarnya di atas, namun seiring waktu Anda akan terbiasa.

Oke itu saja cara Menampilkan Tombol/Toolbox yang Hilang di Inkscape. Jika ada yang perlu didiskusikan silahkan jangan ragu-ragu tulis di kolom komentar.

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Tinggalkan Balasan