Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Cara Mudah Menerjemahkan Website di Smartphone

2 min read

Cara menerjemahkan halaman web di HP

Di dalam kita mencari informasi kadangkala kita menemukan artikel yang menggunakan bahasa asing atau menggunakan bahasa Inggris. Dikarenakan sangat pentingnya informasi tersebut sehingga kita ingin mengetahui arti dari makna artikel yang kita temui tersebut. Namun karena keterbatasan ilmu bahasa asing kita, sehingga tidak menjadikannya kita paham dari makna yang disampaikan.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menerjemah atau mentranslate arti dari bahasa asing ke bahasa Indonesia menggunakan Smartphone. Mungkin di lain waktu saya akan memberikan tutorial bagaimana menerjemahkan artikel menggunakan laptop atau PC.

Terjemahkan Tulisan Setiap Kata/Kalimat

Kapan saat kita menerjemahkan bahasa asing dalam setiap kata/kalimat? Yaitu adalah ketika kita hanya ingin melihat dari arti beberapa kalimat atau kata saja yang menggunakan bahasa asing di dalam sebuah paragraf.

Tutorial cara melihat terjemahannya ini sangat mudah sekali, cara yang saya lakukan ini hanya berlaku di sistem Android. Saya belum pernah mencobanya di IOS, jika teman-teman ada yang mengetahui silahkan bagikan informasi anda melalui kolom komentar.

1. Silakan blok dulu kalimat atau kata yang akan kita terjemahkan. Selanjutnya Anda akan menemui sebuah menu di atas/bawah tulisan yang kita blok tadi, Anda tinggal tekan saja simbol menu titik tiga vertikal di sebelah kanan. Kurang lebihnya silahkan lihat gambar dibawah ini:

Cara Mudah Menerjemahkan Website di Smartphone |

2. Selanjutnya nanti akan ada tambahan menu yang muncul, silahkan anda tekan saja menu Terjemahkan.

Cara Mudah Menerjemahkan Website di Smartphone |

Jika sudah Anda lakukan maka sekarang anda sudah bisa melihat terjemahan dari kalimat asing tersebut, Terjemahan ini langsung mengarah ke Google translate ya seperti ini hasilnya:

Baca Juga:  Instagram - Cara Membuat Akun Privat Bersifat Pribadi
Menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia melalui web Smartphone

Terjemahkan Dalam Satu Halaman

Kapan kita akan menerjemahkan bahasa asing satu halaman ke dalam bahasa Indonesia? Tentu saja ini kita lakukan ketika seluruh halaman itu menggunakan bahasa asing dan kita ingin melihat terjemahan tersebut dalam bahasa Indonesia secara keseluruhan. Berbeda dengan yang sebelumnya yang hanya menerjemahkan beberapa kalimat atau kata saja.

Perlu anda ketahui cara yang saya makan ini adalah menggunakan browser dari Google Chrome. Jika Anda ingin mengikuti tutorial ini silakan download dulu aplikasi Google Chrome di Playstore atau di App Store.

Oh iya jangan lupa pastikan Google Chrome sudah ter apdet ke versi yang paling terbaru ya.. Cara ini sangatlah mudah berikut ini tutorialnya:

1. Silahkan buka halaman bahasa asing yang akan kita terjemahkan selanjutnya kita tekan menu di pojok kanan atas. Menunya seperti simbol titik tiga sejajar vertikal. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Cara Mudah Menerjemahkan Website di Smartphone |

2. Selanjutnya kita akan menemukan menu Terjemahkan silakan teman teman klik saja Terjemahkan…

Cara Mudah Menerjemahkan Website di Smartphone |

Jika sudah dilakukan otomatis seluruh halaman yang kita buka tadi akan Terjemahkan ke bahasa yang kita inginkan.

Memunculkan Otomatis Opsi Terjemahkan

Kapan kita akan memunculkan otomatis opsi Terjemahkan halaman?

Yaitu adalah ketika kita tidak ingin repot repot untuk pindah menu seperti yang kita lakukan sebelumnya. Opsi terjemahkan akan muncul otomatis ketika halaman yang kita akses terdeteksi sebagai bahasa asing. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

Cara Mudah Menerjemahkan Website di Smartphone |

Kemudian jika kita menekan Terjemahkan Indonesia maka hasilnya akan menjadi seperti ini:

Cara Mudah Menerjemahkan Website di Smartphone |

Lalu bagaimana cara nya untuk mengaktifkan otomatis? Berikut ini tutorial lengkapnya:

1. Silahkan masuk menu di pojok kanan atas simbol titik tiga (Seperti yang sudah kita lakukan tadi)

Baca Juga:  Setting WhatsApp - Agar Media Tidak Terdownload Otomatis

2. Selanjutnya masuk di menu Setelan

Cara Mudah Menerjemahkan Website di Smartphone |

3. Selanjutnya anda akan menemukan menu bahasa, tekan saja Bahasa.

Cara Mudah Menerjemahkan Website di Smartphone |

4. Selanjutnya Anda aktif kan Tawarkan penerjemahan halaman ke dalam bahasa lain. Cara mengaktifkannya cukup mudah tinggal Anda menggeser saja tombol sebelah kanan tulisan sehingga warna berubah menjadi biru.

Cara Mudah Menerjemahkan Website di Smartphone |

Jika langkah tadi sudah Anda lakukan maka ketika Anda membuka halaman bahasa asing secara otomatis Google Chrome akan menawarkan penerjemahan ke bahasa Indonesia.

Anda Masih Bingung?

Jika masih kurang jelas, ini saya bagikan video tentang 3 Fitur Translate di Android yang Jarang Diketahui.

 

Kesimpulan

Cara tadi sangat efektif bagi kita yang kurang memahami dan kurang ilmu tentang bahasa asing. Selain menerjemahkan otomatis dari bahasa Inggris ke Indonesia kita juga bisa menerjemahkan bahasa asing lain seperti bahasa Cina, Mandarin, Arab, dan lain-lain ke dalam bahasa Indonesia.

Mudah-mudahan bermanfaat jika ada yang perlu di diskusikan silahkan tulis saja di kolom komentar.

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Tinggalkan Balasan