Pilih Mana? Mendeley Desktop VS Mendeley Reference Manager

Pada artikel ini saya membagikan informasi tentang perbedaan Mendeley Desktop dengan Mendeley Reference Manager. Sebelumnya saya juga pernah membuat artikel tentang Membuat Daftar Pustaka dari Google Scholar.

Seperti yang kita ketahui saat ini Mendeley merupakan salah satu produk Elsevier yang biasa kita gunakan sebagai alat reference manager dalam management referensi atau daftar pustaka.

Beberapa tahun yang lalu Mendeley merilis sebuah produk Mendeley Reference Manager yang kedepannya kemungkinan bakal menggantikan sepenuhnya dari Mendeley Desktop.

Sebagai disclaimer, bahwa tulisan yang saya buat di bawah ini muri dari pemikiran saya. Jika ada yang kurang sepakat atau kurang pas dalam menyampaikan informasi mohon bantuannya untuk memberikan masukkan di dalam kolom komentar.

Persamaan Mendeley Desktop dengan Mendeley Reference Manager

Sebelum saya membahas perbedaan dari kedua produk tersebut, saya coba perjelas terlebih dahulu persamaan dari kedua aplikasi.

Untuk saat ini kedua produk tersebut sama-sama masih bisa kita jalankan di kamputer atau laptop kita meskipun kita instal bersamaan. Secara teknis fungsi, kedua aplikasi tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu sebagai alat untuk membuat dan manajemen referensi atau daftar pustaka.

Perbedaan Mendeley Desktop dengan Mendeley Reference Manager

Warna Icon Berbeda

Perbedaan pertama ada di warna icon aplikasi. Mendeley Reference Manager warna merahnya lebih cerah di bandingkan dengan warna merah dari Mendeley Desktop. Jadi pastikan Anda jangan salah download.

Kurang lebih seperti ini perbedaan icon Mendeley Desktop dengan Mendeley Reference Manager:

Mendeley Desktop VS Mendeley Reference Manager, Apa Bedanya?

Cara Penggunaan Aplikasi

Secara fungsi memang sama-sama untuk mengelola atau manajemen referensi, namun dari segi teknis penggunaannya mempunyai cara yang berbeda. Sebenarnya tidak bisa dijelaskan dengan bentuk tulisan, namun saya coba jelaskan secara garis besar saja. Kedepan saya buatkan video tutorial dari pengguannya.

Dalam membuat daftar pustaka, di Mendeley Reference Manager tidak banyak bolak-balik pindah aplikasi, jadi cukup di aplikasi editor kita, misal Microsoft Word. Berbeda di Mendeley Desktop yang setiap kali kita ingin mengkutip sebuah penulis maka kita wajib pindah ke layar Mendeley.

Jenis Plugin

Jenis plugin yang di sediakan antara Mendeley Desktop dengan Mendeley Reference Manager itu berbeda. Plugin Mendeley Desktop di dapatkan dengan cara menginstal aplikasi Mendeley Desktop dulu. Sedangkan plugin Mendeley Reference Manager di dapatkan melalui Add-ins pada Ms Word atau bisa di dapatkan melalui Microsoft Store, yang mendeley sebut sebagai Mendeley Cite.

Dengan begitu, Mendeley Cite (plugin) bisa berjalan tanpa kita harus menginstall Mendeley Reference Manager.

Lalu apa fungsinya Mendeley Reference Manager dong? Fungsingnya hanya sebagai alat untuk manajemen daftar pustaka kita. Seperti menambahkan data referensi, membaca dokumen pdf, memberi catatan, dll. Untuk membuat daftar pustaka cukup menggunakan pluginnya Mendeley Cite.

Kebutuhan Koneksi

Informasi pada bagian ini mungkin cukup penting untuk di ketahui. Mendeley Desktop tidak membutuhkan koneksi internet yang terus menerus, hanya saat ketika login dan ingin melakukan singkronisasi saja.

Berbeda dengan Mendeley Reference Manager/Mendeley Cite, dalam penggunaannya wajib harus terkoneksi dengan internet. Jika tidak terkoneksi dengan internet maka Mendeley Cite tidak dapat digunakan dalam membuat daftar pustaka.

Versi Office

Tidak semua versi office dapat menggunakan Mendeley Reference Manager/Mendeley Cite. Berbeda dengan Mendeley Desktop, dari versi Office 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, atau yang lebih baru (termasuk office 365) bisa digunakan. Mendeley Cite hanya dapat di instal pada versi 2016, 2019, atau yang lebih baru (termasuk office 365).

Tempat Download

Perbedaan terakhir adalah lokasi downloadnya yang berbeda. Meskipun masih sama-sama di domain mendeley.com, namun masih banyak yang bingung dimana lokasi download Mendeley Desktop. Karena di halaman download utama yang muncul hanya halaman download untuk Mendeley Reference Manager.

Berikut ini link download Mendeley Desktop dan Mendeley Reference Manager:

Rangkuman Perbedaan

Dari penjelasan di atas, berikut sedikit rangkuman yang bisa saya berikan Mendeley Desktop VS Mendeley Reference Manager:

FiturMendeley DesktopMendeley Reference Manager
Warna IconMerah GelapMerah Cerah
Penggunaan Aplikasi MendeleyWajib pakai aplikasiTidak wajib pakai aplikasi
Kebutuhan InternetOnline dan OfflineOnline
Versi Office yang di dukung2007, 2010, 2013, 2016, 2019, atau yang lebih baru (termasuk officeFitur  365)2016, 2019, atau yang lebih baru (termasuk office 365)
Plugin Ms WordDari Mendeley DekstopMendeley Cite dari Microsoft Store

Mendeley Desktop VS Mendeley Reference Manager, Pulih Mana?

Setelah kita melihat beberapa perbedaan di atas, ini merupakan pilihan yang sebenarnya menyesuaikan dengan kondisi dari kita. Namun apabila kita bisa memilih antara ke dua hal tersebut, saya lebih menyukai penggunaan dari Mendeley Reference Manager with Mendeley Cite. Dengan catatan kita harus sering terkoneksi dengan internet.

Mengapa saya memilih Mendeley Reference Manager? Karena penggunaannya yang lebih praktis dan lebih mudah. Kita tidak perlu bolak-balik pindah aplikasi, cukup di layar windows Ms Word.

Tutorial Mendeley Cite/Mendeley Rereference Manager

Berikut ini saya juga bagikan tutorial bagaimana cara menggunakan Mendeley Cite atau Mendeley Reference Manager:

Penutup

Itulah tadi rangkuman Mendeley Desktop VS Mendeley Reference Manager. Sekali lagi itu adalah dari pemikiran saya. Jika ada yang kurang atau kelebihan informasi, mohon bantu teman-teman memberikan masukkan atau memperbaiki.

Bagikan informasi ini ke teman-teman Anda, barangkali ini juga bermanfaat bagi mereka.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar