Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Panduan Cara Mendapatkan Website dengan Mudah

2 min read

Sumber: http://nihes.nl/wp-content/uploads/2015/03/Website.jpg

Sebelum anda memahami tentang website, anda harus mengerti terlebih dahulu dengan 2 istilah ini, 2 istilah itu adalah “domain” dan “hosting”. Istilah dasarnya adalah, kalau domain itu alamat URL,  sedangkan hosting adalah kapasitas. Jika masih bingung kita dapat membuat sebuah perumpamaan, ketika anda ingin membeli sebuah tanah, maka alamat tanah yg mau kita beli itu kita bisa sebut sebagai domain. Sedangkan kapasitas ukuran tanah dan sedikit isi tanah itu kita bisa sebut sebuah hosting. Masuk akal ya..

Baik setelah itu ada satu istilah lagi yang perlu anda ketahui, istilah itu adalah CMS. CMS itu istilah dasarnya adalah webserver. Kita bisa mengambil perumpamaan lagi seperti di atas, CMS itu ketika kita sudah punya lahan kosong maka kita perlu membuat sebuah bangunan. Nah sekarang tinggal kita memilih kita mau membuat bangunan seperti apa.

Itulah 3 istilah yang wajib diketahui bagi anda yang ingin membuat sebuah website.

Langkah Mendapatkan Domain dan Hosting

Langkah selanjutnya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan domain dan hosting. Tidak susah untuk mendapatkan keduanya, karna sekarang ini banyak sekali jasa-jasa internet yang menawarkan untuk pembelihan domain dan hosting. Tinggal anda ketikkan saja di mbah google “beli domain dan hosting” maka simbah akan memberi banyak sekali petunjuk. Disana anda akan di pandu step by step cara pembeliannya.

Ketika anda akan membeli sebuah domain, anda akan di tawarkan alamat domain apa yang anda inginkan. Maka nanti server akan mendeteksi di seluruh penjuru internet di bumi ini sudah adakah orang yang mempunyai alamat sama dengan yang anda pilih tadi. Jika tidak ada maka itu kesempatan anda untuk dapat menempati alamat tersebut.

Baca Juga:  Apa manfaat dan pentingnya organisasi bagi mahasiswa ?

Langkah selanjutnya anda akan di pandu dan di tawarkan apakan akan membeli hosting juga. Karna ada juga yang terkadang para master yang hanya membeli domain saja. Nah jika anda memilih untuk membeli hosting juga maka anda akan di arahkan kesebuah penawaran selanjutnya. Di sana anda akan di tawari lebih lanjut jenis-jenis kapasitas hosting. Saya sarankan sebelum anda memilih jenis kapasitas hosting, anda fikirkan kembali jenis website yang seperti apa yang akan anda buat nanti. Jika anda hanya akan membuat website yang isi kontennya hanya berisi banyak tulisan dan sedikit gambar, maka anda tidak perlu memilih kapasitas yang banyak. Untuk membuat satu artikel di website yg berisi tulisan saja kemungkinan hanya membutuhkan kapasitas hanya beberapa KB saja. Nah jadi itu tergantung dengan kebutuhan anda.

Kemudian selanjutnya jika anda sudah memilih kapasitas hostingnya anda akan dipandu menuju ke kasir. Anda tinggal memilih jenis pembayarannya mau bagaimana. Jika jasa pembelian yang anda pilih bagus terkadang proses transaksinya tidak lama dan tidak ribet. Jika anda melakukan transaksinya lewat ATM maka hari itu juga anda akan mendapatkan domain dan hostingnya.

Apaitu Cpanel?

Lalu barang apa yang kita dapatkan setelah kita membeli domain dan hosting? Dengan melalui email anda akan mendapatkan notifikasi, isi pemberitahuannya adalah anda telah berhasil bertransaksi dan mendapatkan sebuah alamat untuk masuk ke Cpanel dengan menggunakan username dan password yang telah dikasihkan oleh jasa transaksi anda tadi. Lalu apa itu cpanel? Cpanel istilah dasarnya adalah webmaster, atau istilah perumpamaannya adalah tempat pengelolaan berkakas-berkakas untuk keperluan anda bekerja. Di cpanel inilah nantinya CMS itu dimasukan.

Baca Juga:  Didi Petet dikabarkan Meninggal Dunia

Di dalam isi cpanel ada beberapa banyak menu yang di butuhkan untuk anda. Anda dapat merubah password, anda dapat membuat webmail sendiri sehingga email anda lebih bergengsi karna tidak lagi menggunakan email yang bergratis lagi. Ada juga tempat pengelolaan database. Ada tempat untuk membuat sub domain, artinya anda juga bisa membuat tambahan domain lagi. Dan untuk urusan publikasi tampilan anda masuknya dalam menu file manager.

Lalu apa yang di isi di file manager? Jika anda ingin membuat tampilan, di dalam file manager ini anda dapat memasukan file CMS. Lalu dimana anda mendapatkannya? Itu sangat mudah, banyak sekali jenis-jenis CMS yang anda dapat pakai denga gatis/free. Jenis-jenis CMS itu contohnya: WordPress, CMS simple, Jomla, dan lain-lain.

Nantikan posotingan selanjutnya panduan pengelolaan CMS dalam file manager

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Jasa Pembuatan Website

Thoha Firdaus
1 min read

ARTI NOMER SERTIFIKAT HALAL DAN KODE WILAYAH LPPOM MUI

Sistem penomeran Sertifikat Halal resmi LPPOM MUI menggunakan kode 14 digit angka. __________ Arti keempat belas digit angka tsb adalah: ABCDEFGHIJKLMN AB = kode...
Thoha Firdaus
2 min read

Tinggalkan Balasan