Keluargamu Tanggung Jawabmu

بسم الله الرحمن الرحيم

Salah satu contoh adalah mengajarkan anak shalat

“Perintahkan anak-anak kalian untuk melaksanakan shalat ketika mereka telah berusia 7 tahun! Pukulah mereka (jika menolak) untuk melaksanakan shalat ketika berusia 10 tahun”
Abu dawud[ dishahihkan oleh albani dalam al irwa’]

Indah sekali ajaran islam
Tentunya sebelum berusia tujuh tahun, anak-anak terlebih dahulu dikenalkan dengan hukum dan tata cara terkait shalat berjamaah. Anak anak dibimbing untuk mempelajari garakan dan doa shalat. Merekapun diajarkan tentang tata cara bersuci. Sehingga saat mencapai tujuh tahun siap untuk menerima perintah shalat.

Berbeda sekali dengan kondisi sebagain keluarga muslim sekarang ini. Kewajiban orang tua mengajarkan anaknya shalat semakin asing. Anak -anak bukanya diajak shalat mereka justru dihasung dan didorong untuk berlari mengejar bayang-bayang semu duniawi . Anak-anak dipacu untuk belajar menari dan menyayi. Bukan shalat berjamaah malah nonton di bioskop untuk menyasikan film terbaru pada jam shalat.

Jangan salahkan anakmu jika kelak mereka durhaka kepadamu, jika mereka tak mampu mendoakanmu, jika mereka membentak dan mencaci maki dirimu. Jangan heran kepada anakmu! Jika kelak mereka terlibat pergaulan bebas, hamil diluar nikah, terlibat narkoba atau kecelakaan ngebut-ngebutan pada saat mabuk.
Salahkan dirimu sendiri! Kenapa engkau tidak menanamkan agama kepada meraka.

Sebelum terlambat, sebelum menyesal segera benahi dan perbaiki keluargamu dengan ajaran-ajaran islam !
Semoga Allah membantumu aamiin
[Ust. Abu Nazim Mukhtar bin Rifai]

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan