Solusi Booting Macbook Jadi Lama Setelah Upgrade SSD

Di tutorial ini saya menjelaskan langkah-langkah bagaimana solusinya bagi pengguna mac yang mempunyai masalah dengan booting yang lama, apalagi setelah ganti SSD.

Booting yang lama merupakan hal yang paling menjengkelkan. Palagi ketika kita sedang buru-buru ingin segera menyelesaikan suatu pekerjaan.

Pengalaman Pribadi

Sebetulnya permasalah ini merupakan pengalaman pribadi. Saat itu saya sedang mengupgrade SSD Macbook Air yang awalnya hanya 128GB menjadi 512GB. Setelah di upgrade harapannya peforma menjadi lebih kencang, dan space yang menjadi lebih luas.

Bagi pengguna mac yang baru ganti SSD, mungkin juga membutuhkan informasi ini Mudah Cara Mengganti User dan Password Login di Macbook/iMac

Namun ternyata tidak di sangka, kecepatan booting di macbook saya menjadi lebih lama. Sebenarnya yang lama bukan saat proses loading booting, namun saat akan muncul logo Apple sebelum booting.

Jadikan setelah kita menekan tombol power di mac, biasanya akan ada bunyi into dulu ya,, kemudian barulah muncul logo Apple beserta proses loading. Nah yang saya alami adalah, setelah tekan tombol power dan kemudian bunyi, setelah itu logo Apple lama sekali tidak muncul. Mungkin prosesnya bisa memakan waktu sampai 1 menitan. Padahal sebelum saya ganti SSD loadingnya tidak selama itu.

Sempat saya mencari solusi dengan browsing sana-sini, namun tidak menemukan solusi sama sekali. Mana pemilik toko online saat itu lama sekali responnya. Saya mengira saat itu permasalahannya ada di SSD, dan saya hampir saja menggantinya.

Solusi Booting Lama Tidak Memunculkan Logo Apple

Setelah lelah mencari solusi, akhrinya pemilik toko merespon keluhan saya. Senarnya permasalahannya bukan ada di SSD. Kemungkinan ini karena SSD belum saling kenal saja dengan device Mac kita, sehingga kita perlu mengenalkannya dulu,,he

Solusinya sangatlah mudah, berikut ini langkah-langkah mengatasi booting lama di macbook:

  1. Klik System Preferences
  2. Klik Startup Disk
  3. Buka gembok di bawah kiri (tulisannya: Click the look to make changes). Biasanya nanti akan diminta untuk memasukkan password login mac Anda.
  4. Selanjutnya klik logo hardisknya. Yes cukup klik saja.
Booting Macbook Jadi Lama Setelah Upgrade SSD
Tampilan Startup Disk
  1. Selanjutnya kunci lagi gemboknya di sebelah kiri bawah.
  2. Selesai

Setelah langkah di atas sudah dilakukan silahkan melakukan uji coba dengan merestart macbook Anda.

Kesimpulan

Itulah tadi langkah-langkah cara mengatasi booting logo Apple yang lama munculnya. Permasalahan bukan di SSD baru, atau di macbook kita. Masalahnya karena mereka belum saling kenal saja.

Solusi ini tentu saja tidak hanya berlaku untuk pengguna Macbook ya, bisa jadi di pengguna iMac, atau Mac mini. Dan juga tidak hanya berlaku untuk pengguna Macbook Air saja, namun bisa juga untuk pengguna Macbook Pro.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar