Bagaimana Fisika Berbicara Tentang Petir

By on 22 Mei 2015
Untitled

Postingan ini saya muat ulang, setelah sebelumnya sudah saya poskan di rumah saya http://dosen-stkipnh.blogspot.com/. Tujuanya tidak lain agar tamu saya di Sangu Ilmu juga mendapatkan ilmu yang sama.

Kenapa ada petir?

Kenapa petir itu berkilat?

Kenapa ada sura yang sangat keras dan menakutkan?

Kenapa petir di iringi dengan awan hitam dan kadang datang ketika hujan?

 

Pertanyaan-pertanyaan diatas mungkin pernah terbenak dalam fikiran kita. Baiklah, sejenak saya jelaskan sedikit gejala yang terjadi.

Petir adalah suatu kejadian alam yang luar biasa, karena dalam setiap kejadiannya energi yang dilepaskan lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika. Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt.

Dalam dunia fisika kita mengenal listrik statis, yang berhungan dengan pengendalian partikel.

Pernahkah berfikir jika peristiwa tersebut sesungguhnya muncul dari susunan partikel yang termuat dalam sebuah atom??

Ya, Susunan partikel tersebut adalah proton dan elektron

Partikel yang bermuatan positif pada suatu atom dinamakan proton, partikel yang bermuatan negatif dinamakan elektron, sedangkan yang tidak bermuatan disebut neutron. Muatan yang sejenis tolak–menolak, dan muatan yang tidak sejenis tarik menarik. 

petir

Lalu bagaimana proses terjadinya petir? Perlu diketahui, petir lebih condong menyambar pada benda-benda yang menjulang tinggi, karena pada keadaan tinggi benda-benda tersebut, benda itu lebih dominan bermuatan positif. Perbedaan muatan yang mengakibatkan partikel saling tarik menarik dengan awan yang mempunyai muatan positif dan negatif sehingga ketika energi muatan yang terkumpul terlalu besar mengakibatkan muatan listrik melompati gap (jarak pemisah). Dalam hal ini mengakipatkan petir.  

 

Semoga bermanfaat..

 
 
 

pustaka: Postekom

Facebook Comments

Thoha Firdaus (admin)

About Thoha Firdaus (admin)

Terimakasih atas kunjungan Anda.. Kami hanyalah manusia biasa, tidak pernah luput dari kesalahan. Artikel ini sengaja kami muat untuk berbagi ilmu kepada semua pengunjung. Sebagian artikel yang kami muat, kami ambil dari berbagai sumber terpecaya yang telah kami cantumkan. Jika ada beberapa kesalahan dalam pembuatan artikel ini kami mohon maaf. Berilah komentar yang baik agar kami dapat memperbaikinya. Jika menurut Anda artikel-artikel yang kami muat ini bermanfaat bagi Anda, mohon sekiranya untuk membagikannya dengan catatan tidak meninggalkan sumber aslinya. Hormat kami: sanguilmu.com

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami di Facebook

DART Creations
%d blogger menyukai ini: