Cara Menambah Tanggal dan Waktu Update Otomatis di Word

Pada artikel ini saya membuat tutorial bagaimana cara menambahkan informasi tanggal dan waktu di dalam Microsoft Word dengan otomatis update sesuai dengan tanggal saat kita membuka aplikasi tersebut. Cara ini sebenarnya tidak hanya bisa bekerja di Ms. Word saja, namun juga bisa diterapkan di Ms. PowerPoint

Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial 2 Cara Cepat Membuat Garis Panjang Horizontal di Word.

Informasi tanggal dan waktu update yang akan kita masukkan nantinya bisa bermanfaat jika lain waktu kita ingin tidak repot-repot untuk membuat tanggal atau waktu di lain hari. Jadi kita hanya cukup memasukkan pengaturan di awal saja, selanjutnya biar Ms Word yang bekerja.

Ini bisa bermanfaat jika di lain waktu kita membuat sebuah template surat atau lainnya yang membutuhkan informasi tanggal dan waktu. Misalnya saja saat membuat surat yang membutuhkan tanggal di atas paraf/tanda tangan.

Perlu untuk di ketahui, tanggal update ini akan berubah sesuai dengan kapan kita membuka file tersebut. Jadi misalkan Anda membuka file hari ini, kemudian tidak Anda tutup hingga besok, maka informasi waktu yang di tampilkan tidak akan berubah. Kecuali menggunakan Ms. PowerPoint, ini akan berubah saat Anda membuka slideshow.

Cara Menambahkan Tanggal dan Waktu di Ms Word

Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara menambahkan tanggal dan atau waktu di Ms. Word dengan informasi update otomatis:

  1. Letakkan kursor dimana informasi itu akan muncul
  2. Klik Insert » Date & Time
Cara Menambah Tanggal dan Waktu Update Otomatis di Word
  1. Selanjutnya isi sesuai dengan informasi berikut
    • Bagian Language pilih Indonesia.
    • Bagian Available formats silahkan pilih informasi tanggal dan waktu yang ingin dimasukkan sesuai dengan format yang diinginkan
    • PENTING, centang pada bagian Update automatically
Cara Menambah Tanggal dan Waktu Update Otomatis di Word
  1. Terakhir klik OK

Penutup

Itulah langkah-langkah bagaimana cara membuat format tanggal dan atau waktu di Microsoft Office Word dengan mudah. Format waktu dan tanggal akan otomatis update mengikuti waktu saat file di buka.

Tutorial ini tidak hanya bisa dilakukan di Ms Word, namun juga di Ms. PowerPoint. Adapun jika di Ms Excel ada sendiri caranya.

Jika ada yang perlu didiskusikan jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar