Cara Copy Pembicaraan/Subtitle di Youtube

Pada artikel ini saya membuat tutorial yang sangat berguna yaitu cara menyalin/copy pembicaraan yang ada di video Youtube. Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang Cara Mendengarkan YouTube Sambil Mematikan Layar Smartphone dan Download Audio/Video Youtube dengan Durasi Waktu Tertentu.

Mungkin ada di antara kita ketika sedang menonton video di youtube ingin merangkum pembicaraan yang disampaikan oleh conten creator tersebut. Kalau misal pembicaraannya terlalu cepat tentu ini sangat menyusahkan kita.

Sebenarnya mudah saja, kita tinggal pause dan play secara bertahap. Namun tentu saja cara ini sangat merepotkan.

Di Youtube sebetulnya ada sebuah fitur yang jarang sekali di ketahui orang. Kita bisa menyalin semua pembicaraan di Youtube tanpa harus satu-persatu mendengarkannya. Fitur ini disebut sebagai Transkip.

Fitur Transkip

Fitur transkip ini sebenarnya di ambil dari subtitel di Youtube. Baik itu dibuat oleh pemilik channel Youtube maupunsubtitel yang dibuat secara otomatis. Jadi yang kita lakukan adalah mengambil atau menyalin secara masal subtitle yang ada di dalam video Youtube.

Kalau video tersebut tidak muncul subtitel apakah fitur transkip akan muncul? Jawabannya tidak, fitur ini hanya muncul jika subtitel tersebut tersedia di video, baik dilakukan secara maual oleh pemilik konten maupun itu dilakukan otomatis oleh Youtube.

Syarat Memunculkan Fitur Transkip

Sebelum kita memulai tutorialnya. Ada hal yang perlu untuk diketahui. Kita tidak bisa langsung menggunakan fitur ini secara langsung. Setidaknya berikut ini syaratnya:

Syarat 1. Memunculkan Transkip

Fitur ini hanya tersedia di mode Desktop saja. Setidaknya sampai informasi artikel ini dipublikasikan. Saya tidak tau jika nantinya fitur ini tersedia untuk versi mobile atau tidak.

Sayarat 2.Memunculkan Transkip

Video harus tersedia subtitel. Seperti yang saja jelaskan tadi seblumnya, jika video tersebut tidak tersedia subtitel, maka fitur transkip di Youtube tidak akan muncul.

Selebihnya jika ada syarat lain mohon bantu menuliskan di kolom komentar ya.

Menggunakan Menyalin Transkip/Subtitel di Youtube

Tibalah saatnya kita melakukan tutorialnya. Berikut ini langkah-langkah menyalin pembicaraan orang di video Youtube:

  1. Buka salah satu video
  2. Klik titik tiga horizontal (di atas tombol Subscribe)
  3. Klik Buka transkip.
Cara Copy Pembicaraan di Youtube
Membuka transkip di Youtube
  1. Di kanan video akan muncul layar baru (Transkip). Klik titik tiga viertikal » Alihkan stempel waktu
    • Tujuannya adalah untuk mengilahkan waktu, jadi mempermudah kita untuk menyalin Transkip.
Cara Copy Pembicaraan di Youtube
Menghilangkan waktu di transkip
  1. Terakhir, silahkan seleksi semua transkip lalu salin/copy seperti biasa.
Cara Copy Pembicaraan di Youtube
Menyalin transkip

Penutup

Itulah langkah-langkah bagaimana cara menyalin pembicaraan di video youtube dengan mudah. Pada dasarnya yang kita lakukan adalah menyalin subtitel di video tersebut.

Beberapa video yang menggunakan subtitel otomatis biasanya beberapa pimbicaraan ada yang salah di tranksip, hal itu tergantung dengan kualitas dan kejelasan suara di Youtube.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar