Cara Green Screen di Aplikasi Filmora

Di artikel ini saya membuat tutorial bagaimana cara menghapus background video green screen menggunakan aplikasi editing video Filmora X. Berkaitan dengan aplikasi Filmora, saya juga pernah membuat tutorial tentang Cara Merekam Layar Menggunakan Aplikasi Filmora dan Filmora X: Cara Membuat Efek Blur di Wajah/Objek.

Filmora merupakan salah satu aplikasi terbaik yang mudah untuk digunakan bagi pemula. Bahkan creator profesional banyak juga yang masih menggunakan aplikasi editing video ini. Selain mudah secara interfaces, filmora juga mempunyai fitur yang cukup lengkap.

Salah satu fitur penting ada di aplikasi Filmora ini adalah adanya chroma key/green screen. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak versi sebelumnya, misalnya saja Filmora 8 dan Filmora 9. Fitur ini berguna untuk menghapus background otomatis yang ada di belakang kita. Meskipun namanya green screen, namun tidak harus berwarna hijau yang dapat di hapus. Anda juga bisa menghapus background yang berwarna biru.

Sebelum kita melakukan proses editing/menghapus background melalui fitur green screen di filmora, pastikan bahwa video Anda antara gambar video Anda dengan background belakang mempunyai kontras yang berbeda. Kemudian jangan lupa mempersiapkan pengganti backgroundnya. Misalnya video lain atau background bewarna lain.

Tutorial Cara Green Screen di Filmora X

Untuk cara melakukan green screen di Filmora X, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pastikan video yang mau Anda hapus backgroundnya ada berada di atas video lain/background pengganti. Artinya yang perlu Anda masukkan di timeline adalah video/background pengganti dulu.
  2. Kemudian masukkan video yang mau Anda green screen di atas Track video pertama tadi.
  3. Klik kanan pada bagian video yang mau di green screen » Green Screen.
    Cara Green Screen di Aplikasi Filmora |
  4. Anda akan di bawa ke halaman pengaturan chroma key. Silahkan atur kebutuhan seperti:
    • Select Color untuk menentukan warna background yang mau di hapus.
    • Offsite dan Tolerance untuk menentukan lebar luasnya background yang mau di hapus
    • Edge Thickness dan Edge Feather untuk memperhalus pinggiran.
      Cara Green Screen di Aplikasi Filmora |
  5. Setelah dirasa sudah pas silahkan klik OK

Cara Crop Video Hasil Green Screen

Setelah selesai kita menghapus background video/green screen, biasanya ada sebagian yang bagian pinggir-pinggir yang tidak hilang backgroundnya. Kita bisa bisa menghapusnya dengan cara crop/memotong video tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Klik pada bagian video yang mau di crop/dipotong
  2. Klik icon crop di bagian atas timeline
    Cara Green Screen di Aplikasi Filmora |
  3. Anda akan di bawa ke halaman Crop and Zoom. Silahkan atur Ratio menjadi Custom, dan atur ukurannya yang mau di crop. Silahkan lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya:
    Cara Green Screen di Aplikasi Filmora |
  4. Terakhir silahkan klik OK.

Penutup

Itulah langkah-langkah bagaimana cara green screen di aplikasi Filmora. Jika informasi ini bermanfaat bagi Anda dan teman Anda, jangan lupa bagikan artikel ini kepada mereka. Jika ada yang perlu didiskusikan jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar