Cara Merekam Layar Menggunakan Aplikasi Filmora

Pada artikel kali ini saya memberikan tutorial tentang bagaimana cara merekam layar atau screen recording laptop menggunakan aplikasi Filmora. Sebelumnya saya pernah membuat tutorial tentang tips dan trik tentang Filmora, salah satunya adalah Filmora X: Cara Membuat Efek Blur di Wajah/Objek.

Dalam membuat sebuah konten video terkadang kita membutuhkan screen layar dari laptop atau komputer kita. Kita tentu saja tidak ingin merekam layar dengan cara memvideo secara langsung beserta laptopnya. Selain hasilnya kurang bagus penonton juga akan sulit menangkap materi yang disampaikan.

Filmora merupakan aplikasi editing video yang ringan dan terbaik saat ini. Selain berfungsi untuk mengedit video ternyata filmora juga mempunyai fitur untuk merecord atau merekam layar komputer atau laptop kita. Daripada kita pindah pindah aplikasi sebaiknya kita merekam layar cukup menggunakan aplikasi editing video Filmora ini saja.

Di tutorial ini saya menggunakan Filmora versi 10 atau Filmora X. Setau saya fitur ini sudah ada sejak di Fimora 9 dan Filmora 8.

Tutorial Merekam Layar Menggunakan Filmora X

Untuk tutorialnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Filmora
  2. Masuk di menu Media
  3. Klik Record » Record PC Screen. Tunggu sebentar hingga nanti sebuah layar kecil muncul.
Cara Merekam Layar Menggunakan Aplikasi Filmora
  1. Kemudian atur kebutuhan Anda, dari mulai ukuran layar yang mau di rekam, audio yang mau di rekam, dan beberapa pengaturan lainnya.
Cara Merekam Layar Menggunakan Aplikasi Filmora
  1. Jika Anda juga ingin merekam video melalui webcam, silahkan centang pada bagian Record the Camera Stream (letaknya ada di paling bawah layar). Selanjutnya jangan lupa untuk mengatur posisi camera webcamnya.
  2. Setelah semua sudah dirasa sesuai, silahkan Klik Tombol Record/rekam yang berwarna merah.
  3. Jika sudah selesai silahkan tekan F9 pada keyboard untuk berhenti merekam, atau tekan F10 untuk menjeda/pause dan melanjutkannya. Opsi lain Anda juga bisa klik icon record di bar bawah dan klik Quit Record.
  4. Hasil rekaman tadi akan otomatis masuk di aplikasi Filmora bagaian Media.
Cara Merekam Layar Menggunakan Aplikasi Filmora

Penutup

Itulah langkah-langkah bagaimana cara merekam layar menggunakan aplikasi Fomora. Aplikasi ini merupakan aplikasi editing video terbaik untuk pemula serta mempunyai fitur yang lumayan lengkap. Bahkan fitur untuk merekam layar saja sudah tersedia. Setelah kita merekam layar otomatis hasil dari perekaman layar akan masuk di bagian media untuk kita proses editing selanjutnya.

Jika ada yang perlu didiskusikan jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Satu pemikiran pada “Cara Merekam Layar Menggunakan Aplikasi Filmora”

Tinggalkan komentar