Cara Melihat ID Scopus Jika Baru Memiliki 1 Artikel Publikasi

Scopus merupakan lembaga indeksasi jurnal internasional terbaik saat ini. Jurnal yang sudah memiliki indeksasi scopus artinya jurnal tersebut masuk dalam jurnal bereputasi.

Seorang editor yang ingin diindeks jurnalnya oleh Scopus, maka harus mengajukan terlebih dahulu metadata jurnalnya ke Scopus. Adapun persyaratan yang harus dimiliki tentu saja tidak mudah. Banyak jurnal yang sudah mengajukan dan menunggu keputusan namun ujung-ujungnya di tolak. Artinya Scopus dalam hal ini sangat berhati-hati dalam menilai.

Kembali ke persoalan, sebetulnya sebelumnya saya pernah menuliskan artikel tentang Mengapa Tidak Bisa Melihat ID Scopus ? Ini Solusinya dan Alasan. Jadi jika nantinya pada langkah-langkah ini Anda masih belum menemukan ID Scopus, mungkin sebaiknya Anda membaca-baca tulisan saya sebelumnya.

Sebagai informasi, default-nya ID Scopus tidak bisa dengan mudah di lihat jika baru memiliki 1 artikel publikasi terindeks scopus. Namun jika Anda sudah memiliki publikasi di jurnal yang terindeks scopus lebih dari satu , saran saya Anda bisa ikuti panduan [BARU] Cara Melihat ID Scopus.

Cara Melihat ID Scopus Jika Baru Memiliki Satu Publikasi

Cara yang dilakukan ini disarankan menggunakan laptop/komputer. Dan gunakan browser dari Google Chrome. Berikut ini langkah-langkahnya:

1). Kunjungi website Scopus https://www.scopus.com/

2). Klik Author search.

3). Isikan data nama dan afiliasi Anda yang pernah Anda terbitkan di Jurnal.

Pada bagian “Author last name” isikan nama akhir Anda, pada “Author first name” isikan nama depan Anda. Ingat isikan nama sesuai dengan artikel yang diterbitkan, jika nama depan di singkat sebagai satu huruf, maka cukup isikan satu huruf. Untuk bagian Afiliasi saya sarankan untuk di kosongkan jika artikel Anda baru satu, karena bisa jadi artikel Anda gabung dengan author lain (dan solusinya nanti saya jelaskan di post/artikel yang lain).

Cara Melihat ID Scopus Jika Baru Memiliki 1 Artikel Publikasi |

4). Klik Search.

Pastikan nama Anda tertera pada list pencarian. Jika belum, Anda ulangi dengan menggunakan pencarian yang tepat.

5). Klik kanan => Klik Lihat Sumber Halaman atau View page source.

Cara Melihat ID Scopus Jika Baru Memiliki 1 Artikel Publikasi |

6). Ketikan CTRL + F, dan masukkan kata kunci nama Anda lalu Enter.

7). Di sekitar pencarian nama Anda, cari nomor yang mengikuti nameVariant. Sebagai contoh:

Cara Melihat ID Scopus Jika Baru Memiliki 1 Artikel Publikasi |

Nomor yang mengikuti tulisan nameVariant adalah nomor ID Scopus Anda.

Link Profile ID Scopus

Setelah kita mengetahui nomor ID Scopus, selanjutnya kita bisa mengetahui link Profil ID Scopus. Untuk mengetahui Link profil ID Scopus silahkan ganti Nomor ID 12345678901 berikut ini dengan Nomor ID Anda:

https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=12345678901

Tutorial Video

Jika tutorial di atas masih bingung, silahkan tonton video berikut:

Penutup

Setelah mengikuti tutorial di atas Anda menjadi lebih mengetahui jika ID Scopus sebetulnya tidak dapat dilihat jika hanya baru memiliki 1 dokumen artikel saja. Namun kita bisa melihat dengan menggunakan trik sendiri.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan