2 Cara Translate Website Berbahasa Inggris

Kebutuhan informasi di dunia maya saat ini sudah tidak terbendung lagi. Informasi-informasi penting tidak hanya kita dapatkan melalui artikel berbahasa Indonesia. Saat kita tidak menemukan informasi dalam bahasa Indonesia sebaiknya kita mencari informasi menggunakan kata kunci bahasa Inggris atau bahasa lainnya.

Akan tetapi kemampuan kita dalam memahami bahasa asing menjadi kendala. Jika kita tidak bisa memahami bahasa asing maka secara otomatis informasi yang kita dapatkan juga tidak akan kita pahami.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara kita translate atau menerjemahkan halaman website dengan mudah. Di dalam judul ini mungkin saya hanya menampilkan terjemah dari bahasa inggris, namun sejatinya ini bisa menerjemahkan dari bahasa asing lainnya. Akan ada 2 trik yang mungkin bisa anda manfaatkan salah satunya. 2 Trik ini ini bisa menjadi alternatif apa bila salah satunya tidak bisa digunakan.

Sebagai informasi, sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang Cara Mudah Menerjemahkan Website di Smartphone. Tutorial tersebut bisa anda manfaatkan jika Anda menggunakan Smartphone. Khusus pada tutorial ini saya hanya memberikan tutorial menggunakan browser komputer atau laptop. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Tutorial Menerjemahkan Halaman Website

Sebagai informasi bahwasanya tutorial yang akan kita lakukan adalah menggunakan browser dari Google chrome.

Menggunakan Fitur Google Chrome

Google Chrome secara default sudah memberikan fitur yang bisa untuk menerjemahkan halaman website. Ini tersedia pada Google Chrome versi terbaru. Jadi pastikan anda telah menggunakan versi terbaru dari Google Chrome. Untuk mengecek apakah ada sudah menggunakan versi terbaru dari Google chrome yaitu dengan cara klik menu titik tiga di pojok kanan atas, lalu Help => About Google Chrome

Cara cek versi google chrome

Sebagai informasi bahwasanya saya menggunakan Chrome Version 85.0.4183.121.

Untuk melakukan terjemah halaman ini cukup mudah yaitu hanya dengan klik kanan pada mouse Anda lalu klik Translate to Indonesia.

Cara translate website ke bahasa Indonesia

Jika ternyata Translate to Indonesia belum ada Anda harus melakukan sedikit settingan. Silahkan klik icon translate di top-bar (bilah atas) lalu masukkan pilihan terjemahan ke Indonesia. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:

Setting translate ke Indonesia

Jangan lupa setelah langkah di atas pilih Indonesia.

Menggunakan Extension

Cara ini bisa Anda lakukan jika cara di atas tidak bisa Anda lakukan. Saya sarankan Anda menggunakan Extension dari Google Translate. Alamat download extension google translate silahkan klik tombol berikut

Pada halaman tersebut silahkan klik Add to Chrome selanjutnya klik Add extension. Hasilnya nanti bakal ada icon Google Translate di menu bilah atas.

Selanjutnya untuk melakukan terjemah halaman website. Anda bisa melakukannya dengan klik Icon Google Translate, dan klik TRANSLATE THIS PAGE. Lebih jelasnya lihat gambar berikut:

Cara menerjemahkan website menggunakan extension google translate

Kesimpulan

Ada banyak untuk melakukan terjemahan website. 2 cara di atas menurut saya merupakan trik terbaik untuk saat ini. Adapun jenis extension sebetulnya ada banyak, namun yang saya merekomendasikan saat ini adalah menggunakan extension dari Google Translate.

Sebagai informasi, sebelumnya saya juga pernah memberikan tutorial pada topik yang sama, yaitu:

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan