Cara Mematikan Jenis Iklan di Youtube – Tanpa Adblock

Kita bisa mematikan jenis iklan yang muncul di Youtube. Manfaat menfilter iklan di Youtube agar kita bisa mudah management iklan apa saja yang muncul saat kita sedang menonton video.

Mencari informasi di Youtube menjadi tren saat ini. Ini dikarenakan berbentuk tampilan visual lebih banyak orang sukai daripada bentuk tulisan. Bentul tidak? Namun bukan berarti ngeblog di larang ya..

Situs-situs berita saat ini juga tidak mau kalah dengan penggunaan sosial media Youtube. Sehingga banyak sekali situs berita seperti Tribunnews, Kompas, Kumparan, dll memuat beritanya melalui tayangan di Youtube.

Iklan di youtube memang sangat bergejibun, kita tidak bisa semata-mata menyalahkan pemilik channel maupun pemilik Youtube, karena mereka juga sama-sama mencari untung. Kita yang menonton video juga merasa beruntung karena mendapatkan informasi.

Kita memang tidak bisa memberhentikan iklan di Youtube, kecuali kita berlangganan premium di sana. Namun kita bisa mengontrol iklan yang ada di Youtube. Sehingga iklan-iklan yang di tunjukkan ke kita bukan iklan yang membuat kita tidak suka.

Tutorial Mengontrol Iklan Youtube

Tutorial yang saya tunjukan ini memang menggunakan desktop, namun bisa juga di terapkan saat menggunakan smartphone/Android/Iphone. Berikut ini langkah-langkahnya:

1). Jika posisi Anda sedang menonton iklan di Youtube, maka klik icon tanda seru di sebelah kiri bawah video.

Cara Mematikan Jenis Iklan di Youtube - Tanda Adblock
Setelah Iklan Youtube

Selanjutnya akan muncul popup, lalu klik Setelan Iklan.

2). Jika posisi Anda tidak sedang menonton video yang berisi iklan, silahkan kunjungi link https://adssettings.google.com/, atau bisa klik di sini.

3). Jika Anda diminta login akun Google, silahkan login. Akun ini yang nantinya menyimpan data setelan iklan yang kita buat. Jika Anda saat menonton Youtube menggunakan akun google berbeda mana setelah tidak dapat diterapkan.

4). Aktifkan Personalisasi iklan. Ini wajib dilakukan agar pengaturan iklan dapat kita ubah.

Cara Mematikan Jenis Iklan di Youtube - Tanda Adblock
Mengaktifkan personalisasi iklan

5). Scroll ke bawah dan silahkan matikan iklan sesuai dengan kategorinya. Cara mematikannya cukup mudah, tinggal Anda klik salah satu kategori iklan tersebut.

6). Jika muncul popup, silahkan klik Nonaktifkan. Anda bisa mematikan jenis kategori sesuai dengan yang apa yang tidak ingin Anda lihat di sana.

Penutup

Pada dasarnya iklan yang muncul dan di sodorkan ke kita adalah didasarkan pada info pribadi. Google akan mencatat apa yang kita cari saat kita browsing, dan google akan menyarankan iklan sesuai dengan kebiasaan kita mencari informasi.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar