Cara Menghilangkan Logo OJS di OJS 3

Bagi sebagian orang ada yang tidak menyukai jika tulisan logo OJS/PKP terlihat di bagian website jurnalnya. Saya akan memberitahukan tutorial bagaimana cara menghilangkannya tanpa harus mengakses direktori server.

Sebagian orang ingin tampilan jurnal OJSnya terlihat rapi, sehingga beberapa komponen yang tidak terlalu penting di dalam OJS di matikan atau tidak di tampilkan. Salah satunya adalah tulisan Platform & workflow by OJS/PKP yang biasanya di OJS 3 terletak di bagian kanan bawah website jurnal.

Cara Menghilangkan Logo OJS  di OJS 3
Tempat Logo OJS di Bawah

Ohya jika Anda butuh jasa mempercantik tampilan OJS, baik OJS versi 2 maupun versi 3, Anda bisa melihat informasi lengkapnya di: Jasa Kustomisasi Open Journal System (OJS)

Cara menghilangkan komponen ini cukuplah mudah, kita tidak perlu masuk ke dalam direktori server jurnal. Cukup mempunyai akun jurnal manager saja sudah bisa. Namun sebelumnya saya akan mempersiapkan sebuah kode, berikut ini kodenya:

.pkp_brand_footer {
	display: none;
}

Dimana kita menempatkan kodenya? Nanti akan saya tunjukkan. Sebetulnya ada banyak tempat yang bisa kita sisipkan kode ini di dalam OJS 3. Bisa melalui Style Sheet, bisa juga ditempatkan di bagian antara <head>. Saya akan memberikan tutorial untuk keduanya.

Menghilangkan OJS/PKP melalui Style Sheet

  1. Silahkan buka kode editor. Bisa menggunakan notepad, sublime text, atau yang lain. Notepad sendiri umumnya sudah ada di dalam windows.
  2. Masukkan kode di atas, lalu simpan dalam bentuk ekstensi .css. Misalnya: style.css.
  3. Buka website OJS Anda dan silahkan login sebagai jurnal manager.
  4. Masuk di Settings => Website.
  5. Cari pada bagian Journal style sheet, lalu upload file yang tadi Anda buat.
  6. Klik Save.

Selesai, silahkan lihat hasilnya.

Menghilangkan OJS/PKP melalui Header

Prinsipnya, cara diatas sama dengan cara ini. Sama-sama ditempatkan pada lokasi antara head. Hanya saja metodenya yang berbeda. Pada bagian ini kita tidak perlu menggunakan aplikasi kode editor, kita hanya perlu memasukkan kodenya saja, namun ada tambahan sedikit pada kode di atas, hanya menambah <style> dan </style> saja. Jadinya seperti ini kodenya:

<style>
	.pkp_brand_footer {
		display: none;
	}
</style>

Untuk penempatan kodenya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka website OJS Anda dan login sebagai admin jurnal/jurnal manager.
  2. Klik menu Settings => Distribution.
  3. Masukkan kode di atas pada bagian Custom tags lalu Save.
Cara Menghilangkan Logo OJS  di OJS 3
Lokasi penempatan kode bagian header

Selesai, silahkan lihat hasilnya.

Penutup

Pada dasarnya yang kita lakukan di atas adalah menyembunyikan script kodenya. Kodenya tidak benar-benar hilang, kecuali memang kita menghapus script kodenya melalui direktori jurnal. Untuk menghilangkan komponen tersebut dengan menggunakan css yang biasanya kode tersebut di sisipkan antara <head>

Sebetulnya ada 1 cara lagi, yaitu menggunakan plugin Custom Header Plugin. Namun karena saya tidak menginstal plugin tersebut jadi saya tidak bisa memberikan tutorialnya. Prinsipnya sama, yaitu menampatkan kode di dalam header.

Jika ada yang perlu di diskusikan jangan ragu untuk menulis di dalam kolom komentar.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar