2 Cara Membuat Rupiah di Excel

Di artikel kali ini saya membuat tutorial bagaimana cara mudah memunculkan otomatis rupiah (Rp) pada data Microsoft Office Excel. Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang Cara Agar Excel Tidak Bisa Diedit.

Dalam membuat sebuah data misalnya informasi data keuangan terkadang kita ingin menampilkan simbol Rp di dalam data kita. Sebenarnya kita bisa melakukan dengan cara manual namun hal ini bisa menimbulkan dampak tidak baik.

Dampak tidak baiknya ketika kita memasukkan tanda rupiah di dalam Excel misalnya saja:

  • Format nomor menjadi berubah, artinya ketika Anda menyisipkan non-angka di dalam cell maka ketika kita ingin melakukan perhitungan dangan data tersebut menjadi tidak bisa/error
  • Tentu saja akan sangat merepotkan kita jika kita mempunyai data yang banyak. Sedangkan ada cara cepat untuk mengatasi hal tersebut.

Sebelum saya memulai tutorialnya saya mau disclaimer terlebih dahulu jika versi office yang saya gunakan saat ini menggunakan Office 365. Jika Anda menggunakan versi office lama, maka tidak usah khawatir seharusnya semuanya bisa, hanya saja mungkin dari segi tampilan sedikit berbeda.

Tutorial Membuat Simbol Rp di Excel

Pada dasarnya yang kita lakukan adalah mengubah format General menjadi Currency. Untuk melakukannya silahkan ikuti tutorial berikut ini:

  1. Seleksi kolom atau cell mana yang akan kita tampilkan Rp.
  2. Di bagian Home, klik icon panah di sebelah General
  3. Kemudian klik Currency
Cara Membuat Rupiah di Excel
Mengubah general menjadi currency

Setelah langkah di atas, seharusnya sekarang kolom/cell yang kita seleksi sudah ada simbol Rp (Rupiah). Bagaimana jika belum? Silahkan ikuti langkah selanjutnya.

Mengatasi Simbol Rp Tidak Muncul di Excel

Jika setelah kita melakukan langkah di atas simbol Rupiah tidak muncul, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Seleksi bagian kolom atau cell yang akan kita tampilkan Rp.
  2. Pada bagian Home, klik icon panah ke bawah sebelah General
  3. Kemudian klik More Number Formats
Cara Membuat Rupiah di Excel
  1. Pada bagian tab menu Number, klik Currency
  2. Bagian Symbol silahkan cari Rp
Cara Membuat Rupiah di Excel
  1. Terakhir klik OK

Setelah melakukan langkah di atas, sekarang seharusnya simbol Rupiah sudah muncul pada data Anda.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah bagaimana cara memunculkan simbol Rp (Rupiah) di dalam Microsoft Office Excel dengan mudah. Sebenarnya caranya cukup mudah, kita hanya mengubah format tulisan dari format General (Number) menjadi Currency.

Jika ternyata setelah kita mengubah format tidak bisa, kemungkinan format Rp tidak di atur secara default, kita bisa mengaturnya dengan cara mengubah Format Cells.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar