2 Cara Membuat Nomor Urut di Excel, Cara Paling Cepat

Di artikel ini saya memberikan tutorial cara paling cepat dalam membuat nomor urut di Microsoft Office Excel dengan mudah tanpa ribet. Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang Cara Membuat Nomor Urut Tabel Otomatis di Word.

Dalam membuat sebuah data terkadang kita ingin menampilkan nomor urut agar mudah megindentifikasi dari sebuah komponen atau baris. Jika komponen tersebut tidak banyak mungkin kita bisa dengan mudah membuat nomor urut. Namun bagaimana jika nomor urut ternyata sampai dengan ribuan atau ratusan ribu? Jika kita membuat nomor baris secara manual tentu saja ini sangat merepotkan.

Untuk saat ini mungkin ada di antara kita yang menganggap cara paling cepat adalah dengan membuat nomor urut terlebih dahulu 1 dan 2, lalu kemudian kita tarik ke bawah. Cara ini sebetulnya termasuk cara yang membutuhkan waktu yang lama. Ada cara paling cepat selain cara tersebut.

Berikut ini setidaknya ada 2 cara paling cepat yang dapat Anda lakukan untuk membuat nomor urut di Excel dengan mudah. Cara ini saya jamin lebih cepat dari cara sebelumnya yang Anda lakukan.

Menggunakan Fill Series

Cara pertama ini menggunakan fill series. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buat terlebih dahulu angka 1 di bagian awal baris.
    • Jangan posisikan dalam kondisi sedang mengedit cell, solusinya Anda Enter kemudian kembalikan ke cell yang yang nomor 1.
  2. Bagian Home, klik Fill » Series…
    • Posisinya ada di sebelah kanan atas
Membuat Nomor Urut di Excel
  1. Bagian Series in, silahkan pilih Columns jika ingin di urutkan ke bawah (bagian kolom). Jangan lupa bagian Stop value isikan nomor urut terakhir.
    • Jika ingin secara horizontal Anda pilih Rows.
Membuat Nomor Urut di Excel
  1. Terakhir klik OK

Setelah melakukan langkah di atas seharusnya saat ini nomor urut angka sudah terbuat dengan cepat tanpa harus ngetik satu-satu.

Menggunakan Fungsi SEQUENCE

Cara ke dua ini lebih cepat lagi dari cara pertama. Anda bisa melakukannya dalam 3 detik saja. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Tempatkan kursor di mana kita akan membuat nomor urut
  2. Ketikan fungsi berikut:
 =SEQUENCE(1000) 

*Ganti angka 1000 sesuai dengan nomor urut maksimal Anda.

  1. Terakhir tekan Enter.

Setelah langkah di atas seharusnya sekarang nomor urut angka sudah berhasil Anda buat dengan cepat.

Tutorial Video

Jika tutorial di atas masih ada yang bingung, silahkan tonton video berikut ini:

Kesimpulan

Itulah dua langkah cepat membuat nomor urut di Microsoft Office Excel dengan mudah. Saya sendiri lebih merekomendasikan cara ke dua karena lebih cepat dalam melakukan prosesnya.

Jika Anda mempunyai cara cepat lainnya, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar agar saling berbagi ilmu.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar