2 Cara Mengganti Background Google Meet di Laptop

Di artikel ini saya membuat tutorial mudah cara mengganti background Google Meet di Laptop atau di PC. Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang Cara Green Screen di Zoom. Temanya mirip, hanya saja aplikasinya berbeda.

Mengganti background saat sedang meeting online merupakan hal yang penting. Meskipun bukan hal yang wajib namun terkadang ada beberapa kondisi yang kita diminta untuk mengganti background belakang.

Istilah mengganti background terkadang sering orang-orang sebut sebagai cara green screen, ya meskipun tidak harus warna hijau yang bisa di ubah. Asalkan latar belakang mempunyai warna yang berbeda dari warna kulit atau warna pakaian yang dipakai maka kita bisa mengubah backgroundnya.

Kerennya di dalam google meet, dengan menggunakan teknologinya kita bisa mengganti background belakang kita meskipun kita tidak mempunyai background latar belakang yang sama rata. Jadi teknologinya dapat mendetaksi postur badan kita.

Mengganti Background Sebelum Meeting

Cara ini dilakukan jika kita ingin mengganti background di google meets sebelum acara di mulai. Kita bisa mengubahnya dengan cara berikut ini:

  1. Pastikan Anda sudah memasukkan kode dan dalam keadaan mau bergabung.
  2. Pada tampilan video kita, klik icon visual. Lokasinya di pojok kanan bawah video kita.
2 Cara Mengganti Background Google Meet di Laptop |
Klik icon visual di bawah video sebelah kanan
  1. Selanjutnya pada bagian samping kanan silahkan pilih background sesuai dengan yang Anda inginkan.
    • Anga juga bisa mengubah background menjadi blur pada bagian Tanpa efek & memburamkan.
2 Cara Mengganti Background Google Meet di Laptop |
Memilih background belakang
Sayangnya di opsi ini tidak tersedia untuk mengkustom background sendiri yang kita miliki. Ini hanya tersedia saat kita sedang dalam posisi meet sedang berlangsung. Silahkan ikuti saja pada tutorial di bawah.

Mengganti Background Saat Meeting Berlangsung

Untuk mengganti background saat meeting sangatlah mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pada bagian bawah, silahkan klik opsi titik 3 vertikal.
  2. Kemudian klik Terapkan efek visual.
2 Cara Mengganti Background Google Meet di Laptop |
Masuk ke efek visual
  1. Pada bagian samping silahkan pilih background sesuai dengan yang Anda inginkan. Pada bagian Tanpa effek & memburamkan Anda juga bisa memilih background blur yang artinya mengubah latar belakang Anda menjadi buram.
    • Seperti yang saya katakan tadi, di sini Anda juga bisa mengkustom gambar background yang Anda miliki sendiri dengan cara klik tanda tambah seperti pada gambar berikut ini:
2 Cara Mengganti Background Google Meet di Laptop |
Cara menambahkan background sendiri

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah mudah bagaimana cara mengubah latar belakang/green screen di google meet. Ada 2 cara, cara pertama saat sebelum meeting berlangsung dan yang kedua saat meeting berlangsung.

Agar kita dapat mengkustom background sendiri disarankan menggunakan cara ke dua, karena cara pertama saya belum menemukan opsi tersebut.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar