2 Cara Memendekkan Link Google Formulir

Di artikel ini saya memberikan tutorial lengkap bagaimana cara menyingkat/memendekkan link google formulir. Pada artikel sebelumnya saya pernah membuat tutorial tentang bagaimana Membuat Kode Sebelum Mengisi Google Formulir.

Google Formulir sendiri seperti yang kita ketahui bersama bahwa salah satu platfom milik Google yang digunakan oleh kebanyakan orang untuk mengumpulkan data beruba survei atau kuis.

Setelah kita menyelesaikan pertanyaan dan hendak mengirimkan/membagikan halaman formulir kita, secara default link yang diberikan begitu panjang. Link yang panjang terkadang mengganggu bagi sebagian orang karena menjadikan tulisan jadi kurang rapi.

Belum lagi ketika kita ingin membagikannya di dalam sebuah poster atau informasi lainnya. Terkadang link yang panjang dan sulit untuk dipahami akan menyusahkan responden dalam mengisi formulir. Di sini saya juga membagikan trik bagaimana cara kita untuk mengkostum link google formulir agar mudah di ingat oleh orang-orang.

Bagi Anda yang membutuhkan tutorial Cara Share Link di Google Formulir, saya sudah pernah membuat tutorial sebelumnya.

Perpendek URL Via Google Forms

Google Forms sendiri sebetulnya sudah mempunyai fitur untuk memendekkan link. Fitur ini tentu bermanfaat karena link yang begitu panjang menjadi lebih singkat. Untuk menggunakan fitur tersebut berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Klik tombol Kirim di pokok kanan atas.
Cara Memendekkan Link Google Formulir
Klik tombol kirim untuk proses memendekkan link
  1. Klik icon Link » Perpendek URL, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
Cara Memendekkan Link Google Formulir
Cara memendekkan link Google Forms

Meskipun di Google Formulir ada fitur untuk memperpendek link, namun sayangnya kita pasrah saja dengan link yang diberikan secara acak. Kita perlu untuk mengkostum Link/URL tersebut agar nantinya orang mudah untuk mengunjungi formulir. Tutorial tersebut ada di bawah ini.

Mengganti/Kostum URL Google Forms

Solusi selanjutnya adalah dengan mengganti link URL Google Form menjadi lebih mudah diingat. Solusi ini mungkin bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda, karena selain Link menjadi pendek, link tersebut juga menjadi mudah diingat. Karena kita bisa mengkostum/mengganti link sesuai dengan keinginan kita.

Untuk mengkostum link sebenarnya cukup mudah. Yang kita lakukan adalah dengan mendirect atau mengarahkan link yang kita buat ke link milik google formulir. Sehingga yang kita perlu lakukan adalah menggunakan pihak ketiga.

Cukup banyak website penyedia pemendek atau pengkostum link, misalnya saja adalah:

  1. Bit.ly
  2. s.id
  3. Rebrandly
  4. Tiny.cc
  5. Tinyurl.com

Serta masih banyak lagi.

Cara Mengkostum URL Google Formulir di S.ID

Pada tutorial kali ini saya hanya menunjukkan cara bagaimana mengkostum URL Google Formulir menggunakan s.id. s.id sendiri sebetulnya website karya anak bangsa. Selain URLnya pendek, ini juga mudah diingat. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Login ke akun s.id, jika belum memiliki akun silahkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Di sini saya tidak memberikan tutorial bagaimana cara mendaftar.
  2. Salin/copy terlebih dahulu link Google Formulir
Cara Memendekkan Link Google Formulir
Cara menyalin link Google Forms
  1. Kembali ke ke halaman S.ID, silahkan paste link yang baru saja Anda copy tadi pada bagian bawah tulisan Tautan Saya. Lihat gambar berikut:
Cara Memendekkan Link Google Formulir
Memasukkan link google form di s.id
  1. Tunggu sampai proses selesai. Selanjutnya Ganti URL yang sudah dibuatkan otomatis oleh sistem.
Cara Memendekkan Link Google Formulir
Mengganti link di S.ID

Sekarang Anda sudah dapat menggunakan URL yang sudah Anda kostum sendiri. Bagaimana mudah kan?

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar