Cara Menampilkan Peta/Maps di OJS

Pada artikel kali ini saya membuat tutorial bagaimana cara menambahkan atau memasukkan peta/maps di OJS (Open Journal System). Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang Cara Menghilangkan Logo OJS di OJS 3.

Konsep cara ini sebenarnya sama dengan Cara Memasukkan Peta di Blog – WordPress dan Blogspot. Namun agar teman-teman menemukan kata kunci yang tepat saya buat tutorial kembali yang khusus bagi pengguna yang berkecimpung di dunia OJS (Open Journal System).

Sebagai editor, terkadang kita ingin menampilkan informasi detail tentang penerbit. Misalnya saja menampilkan informasi lokasi penerbit agar mempermudah pengunjung mengetahui alamat dengan tepat. Agar lebih akurat lagi, kita juga bisa menampilkan alamat penerbit dengan mununjukkan alamat peta kolasi kita dengan memanfaatkan peta atau google maps.

Sebagai disclaimer, tutorial yang saya lakukan ini menggunakan OJS 3. Bagi teman-teman yang menggunakan OJS 2 silahkan di sesuaikan saja, perbedaanya tidak terlalu banyak.

Mendapatkan Kode Embed Peta di Google Map

Sebelum kita memasukkan kode peta di dalam OJS kita, terlebih dahulu kita harus menemukan kode embed/sematkan di Google Map. Berikut ini langkah-langkah untuk mendapatkan kode Embed di Google Map:

  1. Buka Google Map
  2. Cari lokasi peta yang akan kita tampilkan di OJS.
  3. Klik Bagikan
  4. Klik Menu Tab Sematkan Peta
  5. Klik Salin HTML

Lebih lengkapnya silahkan lihat gambar berikut ini:

Cara Menambahkan Peta/Maps di OJS

Jika Anda perhatikan pada sebelah kiri kode HTML, di sana Anda juga bisa mengatur ukuran dari Map, ada beberapa pilihan ukuran seperti KecilSedangBesar, serta Ukuran khusus (kita bisa mengatur sendiri ukurannya).

Memasukkan Kode Embed ke OJS

Setelah kita mendapatkan kode Embed, selanjutnya kita memasukkan kode tersebut ke dalam OJS kita. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tutorial berikut ini:

  1. Tentukan lokasi dimana akan dimunculkan peta. Misalnya saja di Additional Content.
  2. Klik icon source code (lihat gambar untuk lebih jelasnya).
Cara Menambahkan Peta/Maps di OJS
  1. Masukkan kode embed yang sudah Anda salin tadi di Google Maps.
  2. Kemudian klik OK dan simpan perubahan Anda.
Tips! Agar hasil maksimal, saya sarankan untuk mengubah lebar dari peta menjadi 100% dengan mengubah kodenya pada bagian width. Silahkan lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.
Cara Menambahkan Peta/Maps di OJS

Penutup

Itulah langkah-langkah bagaimana cara memasukkan atau memunculkan peta di dalam Open Journal System (OJS) dengan mudah. Cara yang harus kita lakukan pertama harus mengambil kode embed terlebih dahulu di halaman Google Map. Kemudian baru kita masukkan di dalam OJS kita dengan tampilan mode HTML (source code).

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar