2 Cara Mengatasi “Anda perlu izin” di Google Forms

Di artikel ini saya menunjukkan tutorial cara atau solusi mengatasi masalah hal yang kerap ditemukan saat akan mengisi formulir di google forms/google formulir dengan tulisan “Anda perlu izin”. Kurang lebih seperti ini tampilannya:

2 Cara Mengatasi "Anda perlu izin" di Google Forms
Tampilan “Anda perlu izin”

Jika seperti itu artinya kita tidak diberi akses untuk mengisi formulir. Kita dibatasi karena kita sebagai pengisi bukan termasuk dari organisasi pemilik formulir. Atau pemilik forms tidak membuat formulir tersebut secara publik.

Setidaknya ada 2 cara yang dapat kita lakukan agar kita tetap bisa mengisi formulir. Berikut ini kira-kira langkahnya:

Isi Formulir Menggunakan Alamat Email Organisasi

Sebenarnya petunjuknya ada di bagian desksipsi, di sana tertulis “Formulir ini hanya dapat dilihat oleh pengguna dalam organisasi pemilik formulir.

Jika Anda menemukan formulir dengan informasi seperti itu, biasanya formulir dibuat menggunakan email organisasi, misalnya email perguruan tinggi/email sekolah. Pemilik formulir hanya mengijinkan orang di dalam organisasi saja yang dapat mengisi ini.

Jadi solusinya saat sedang mengakses formulir tersebut, pastikan Anda sudah login sebagai email organisasi. Jika belum silahkan login terlebih dahulu.

Dimana melihat kita login pakai email apa? Silahkan akses halaman Google kemudian lihat atau klik di pojok kanan atas, pastikan Anda login di email organisasi.

2 Cara Mengatasi "Anda perlu izin" di Google Forms
Melihat kita login menggunakan email apa

Jika masih login sebagai email gmail, silahkan logout lalu login kembali dengan menggunakan email organisasi Anda.

Pastikan Anda sudah punya email organisasi/email bisnis yang sama dengan pemilik formulir. Jika tidak punya, maka dipastikan tidak bisa. Silahkan lihat cara ke 2.

Mengubah Formulir Menjadi Publik

Solusi ke dua ini juga sebenarnya ada pada petunjuk deskipsi, di sana tertulis “Coba hubungi pemilik formulir jika Anda merasa bahwa telah terjadi kesalahan. Pelajari Lebih Lanjut.”

Cara kedua ini hanya bisa diatasi oleh pemilik atau pembuatan formulir ini. Ada setelan yang harus di ubah pada bagian formulir ini agar tidak dibatasi hanya pemilik/pengguna organisasi saja.

Jika Anda menemukan informasi tersebut dan ingin memberitahu kepemilik formulir, silahkan informasikan artikel ini kepada mereka untuk melakukan beberapa tindakan berikut:

  1. Di halaman Google Formulir , buka formulir.
  2. Di bagian atas formulir, klik Setelan .
  3. Di samping “Jawaban”, klik panah bawah Panah bawah sehingga nanti terbuka pilihan yang ada di bawah.
  4. Nonaktifkan Batasi untuk pengguna di [nama organisasi/sekolah/kampus Anda] dan organisasi tepercayanya .

Kurang lebih silahkan lihat gambar berikut:

2 Cara Mengatasi "Anda perlu izin" di Google Forms

Kesimpulan

Itulah tadi langkah-langkah mengatasi google formulir tidak dapat di akses dengan keterangan “Anda perlu izin”. Setidaknya 2 cara di atas dapat mengatasi masalah tersebut. Jika Anda sebagai pengisi formulir, silahkan ikuti cara 1, jika belum bisa silahkan bagikan artikel ini kepada pemilik formulir untuk mengikuti cara ke 2.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar